Ingin Hasil Foto dari Ponsel Tidak Pecah Saat Dicetak? Ikuti 2 Langkah Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Hasil Foto dari Ponsel Tidak Pecah Saat Dicetak? Ikuti 2 Langkah Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Foto merupakan salah satu cara terbaik untuk mengabadikan setiap momen, baik untuk diri sendiri ataupun bersama orang-orang terdekat. Tidak harus memakai DSLR, Anda juga bisa berfoto dari kamera smartphone sendiri, kualitasnya juga tidak kalah bagus dengan hasil foto dari DLSR jika dilakukan dengan cara yang benar.

Berfoto memang tidak hanya ingin diabadikan di memori kamera, sebagian orang juga memilih untuk mencetaknya agar kenangan itu tidak hilang. Nah, jika Anda berniat untuk memajangnya maka ada hal yang harus diperhatikan dalam mencetak. Salah satunya adalah besarnya ukuran foto, sehingga kualitasnya tetap bagus.

Lantas, berapa besaran foto yang benar untuk mencetak?. Simak dua langkah ini agar hasil foto Anda tidak pecah:

Besar Ukuran Foto yang Bisa Dicetak dari Ponsel atau Kamera
Anda mungkin saat ini punya ratusan atau bahkan ribuan foto di sosial media. Tapi, hanya satu atau dua buah foto saja yang ingin Anda cetak dan dipajang di dinding. Namun, jika foto Anda yang telah di cetak ternyata hasilnya tidak bagus dan pecah. Hal ini pasti akan membuat Anda bete dan kesal.

Pecahnya foto saat dicetak, dikarenakan resolusi foto rendah. Untuk mengetahui resolusi foto, Anda bisa melihatnya melalui properties fotonya. Contohnya adalah 1936×2576 Pixel, yang jika dikalikan adalah 4.987.136 Pixel atau 5 MP (MegaPixel).

Cara Kalkulasi Besar Ukuran Foto Maksimal
Untuk kalkulasinya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu bagi 300 untuk panjang dan lebarnya. Maka Anda akan pendapatkan ukuran maksimal foto Anda untuk dicetak dalam resolusi tinggi atau tidak pecah dengan satuan inci.

Contoh pada resolusi 1936×2576 Pixel. Lebarnya 1936 Pixel bagi 300, artinya 6.45 inci. Sementara panjangnya 2576 Pixel bagi 300, artinya 8.59 inci. Ditemukan maksimal kamera 5 MP yaitu 6.45×8.59 inci.

Setelah Anda tahu ukuran maksimal cetak fotonya, Anda jangan sampai mencetaknya dengan ukuran terlalu besar ya. Dengan rumus ini semua hasil cetak foto Anda akan jernih. Semoga bermanfaat. (jalantikus.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.