oleh

Ingin Hemat Baterai Handphone Saat Banjir? Ini 7 Caranya

PortalMadura.Com – Banjir masih terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Curah hujan yang masih tinggi menjadikan air belum surut. Kondisi ini biasanya diperparah dengan aliran listrik yang terganggu. Jika hal ini sudah terjadi maka harus menghemat baterai handphone.

Alat komunikasi seperti handphone sangat diperlukan untuk mengabarkan kondisi pada keluarga. Sehingga sangat perlu untuk menghemat baterai handphone. Lantas, bagaimana cara hemat baterai saat terjadi banjir? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut beberapa caranya:

Aktifkan Mode Hemat Daya

Untuk menghemat baterai HP saat kebanjiran, segeralah aktifkan mode hemat daya. Ada pilihan medium atau optimum, tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Memastikan umur baterai ponsel sepanjang mungkin, akan sangat berguna jika dalam kondisi tidak pasti bisa men-charge ponsel atau tidak.

Matikan Aplikasi Tak Penting

Pada saat semacam ini, pastikan tenaga baterai dipakai untuk membuka aplikasi yang penting saja, misalnya WhatsApp untuk berkomunikasi, untuk memantau berita, Twitter untuk memantau kabar terbaru dari BMKG, polisi, BNPB dll.

Jangan buang-buang baterai untuk aplikasi yang tidak penting, terutama game. Ketika ponsel digunakan bermain game akan lebih menguras baterai.

Matikan Getaran

Untuk membuat smartphone bergetar ketika mendapat notifikasi ternyata membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Hal ini karena perangkat kalian harus menggerakkan motor khusus untuk membuat smartphone bergetar. Jadi sangat disarankan untuk menonaktifkan getaran jika ingin menghemat baterai.

Gunakan Wallpaper Gelap

Jika smartphone kalian menggunakan layar AMOLED, menggunakan wallpaper berwarna gelap atau hitam bisa membuat smartphone kalian menjadi lebih awet. Karena, layar AMOLED membutuhkan tenaga paling sedikit untuk diaktifkan.

Matikan Notifikasi dan Auto-Sync

Fitur sinkronisasi otomatis bisa menguras baterai dan data Anda. Untuk menonaktifkan fitur auto-sync Anda bisa masuk ke menu Settings kemudian Accounts. Setelah itu, klik toggle Auto sync data hingga berubah menjadi abu-abu dan tidak aktif.

Selain itu, jika ingin lebih ekstrem aktifkan mode Do Not Disturb untuk menghentikan notifikasi masuk ke smartphone kalian.

Matikan Pengaturan ‘Lokasi’

Layanan lokasi menggunakan GPS untuk melacak lokasi Anda. Anda bisa menggunakannya kalau benar-benar tidak tahu arah atau di mana posisi Anda berada, tapi kalau tidak sedang dibutuhkan ya matikan saja demi hemat baterai.

Cara lain yang bisa Anda terapkan yaitu mengurangi push notification aplikasi di ponsel atau email yang memakan daya ponsel.

Airplane Mode

Beralih ke airplane mode bukan berarti bisa Anda gunakan saat berpergian dengan kapal terbang, tapi juga untuk menghemat baterai.

Anda tidak akan bisa menerima pesan atau telepon dan terhubung ke internet tetapi hanya bisa menggunakan ponsel untuk hal yang kalian inginkan.

Tidak lupa untuk tetap berhati-hati dan waspada dimanapun Anda berada.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Detik.Com

Komentar