Ingin Jadi Data Scientist Profesional? Ini 4 Caranya

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Jadi Data Scientist Profesional? Ini 4 Caranya
Ilustrasi (InformatiomWeek)

PortalMadura.Com – Salah satu profesi yang saat ini paling banyak diburu yaitu . Untuk level junior atau fresh graduate saja dapat mencapai kisaran Rp12-15 juta pada tahun 2019. Apalagi bagi yang sudah mempunyai pengalaman profesional dan punya sertifikasi, tentu sangat menjanjikan.

Namun, untuk bisa menjadi data scientist profesional bukan suatu hal yang mudah. Anda perlu mencapai kriteria atau kualifikasi tertentu. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika hendak meniti karier data scientist.

Rasa Ingin Tahu Tinggi

Sebagai langkah awal, Anda dapat mencari tahu apa saja yang diperlukan untuk menjadi data scientist, seperti ilmu statistika, pemprograman hingga bisnis. Anda juga dapat mempelajari hal-hal itu baik secara otodidak maupun mengikuti kelas data science.

Setiap orang memiliki cara belajar berbeda-beda. Ada yang senang belajar otodidak, tetapi ada juga yang lebih senang belajar lewat kelas tertentu dengan bantuan pengajar. Balik lagi ke Anda, Anda termasuk yang mana?

Bergabung dengan Komunitas

Meskipun Anda mampu belajar secara otodidak, itu tidak berarti bahwa Anda dapat betul-betul belajar data science sendirian saja. Sebaiknya, Anda bergabung dengan komunitas-komunitas data scientist, salah satunya komunitas Data Science Indonesia.

Melalui komunitas, Anda dapat saling berbagi ilmu, pengalaman, dan bertukar pikiran dengan anggota lain di komunitas tersebut.

Uji Kemampuan Secara Berkala

Ilmu dapat diibaratkan seperti sebilah pisau, ia bisa tajam, tetapi juga bisa tumpul. Tentu, supaya tetap tajam pisau itu harus selalu dipergunakan dan diasah.

Layaknya pisau, kemampuan seseorang juga demikian. Anda yang hendak meniti karier di bidang data science sebaiknya konsisten meningkatkan kemampuan, yang dibarengi dengan mengikuti ujian sertifikasi dan beberapa hal lainnya. Ini dapat membantu Anda untuk mengetahui sudah seberapa baik kemampuan Anda.

Memiliki Mentor

Untuk mempunyai seorang mentor atau coach yang ahli di bidangnya karena mentor ini dapat memberi bimbingan sekaligus masukan terkait karier di bidang yang digeluti.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.