Ingin Jadi Mualaf? Ini 4 Caranya

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Jadi Mualaf? Ini 4 Caranya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan orang yang baru memeluk agama Islam. Dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat seseorang di beri kemudahan untuk masuk dengan mendeklarasi imannya dengan tulus dan sederhana untuk menjadi seorang Muslim. Banyak orang memilih untuk masuk Islam karena agama ini merupakan agama yang paling sempurna.

Ketika seseorang hendak memilih Islam sebagai agamanya ada proses yang harus dijalankan sebagai syarat agar dapat menjadi seorang mualaf. Berikut beberapa proses untuk menjadi seorang Muslim:

Berkonsultasi Kepada Ustad atau Orang yang Menguasai Ilmu Islam
Pertama kali yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin menjadikan islam sebagai agamanya yaitu tanya jawab seputar Islam kepada orang yang menguasai ilmu Islam, Bisa Ustadz, Ulama, dan Habib. Hal ini dilakukan supaya seseorang yang memilih islam sebagai agamanya tahu bagaimana islam itu, apa yang dilakukan ketika menjadi seorang muslim, Sejarah Islam, dan juga bagaimana seorang islam beribadah.

Mengucap 2 Kalimat Syahadat
Bila sudah yakin dan paham, selanjutnya hal yang paling penting yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat. Dengan membaca dua kalimat syahadat berarti seseorang yakin di dalam hatinya akan keesaan Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Dengan mengucapkan syahadat, orang itu sudah menjadi seorang Muslim. Syahadat harus diucapkan dengan ketulusan dan pemahaman mendalam. Tidak hanya sembarangan mengucapkan.

Bacaan Syahadat:

Asyhadu al-laa ilaaha illa-Llah
“Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah”
wa Asyhadu anna muhammadar rosuulullah
“Dan (aku bersaksi) bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”

Baca Juga: Ini Doa yang Dianjurkan untuk Selalu Dibaca Mualaf

Membersihkan Diri
Setelah menjadi seorang Muslim, orang itu harus mandi sebagai bentuk pemurnian atau pembersihan. Ini merupakan simbol yang melambangkan pembersihan dari dosa masa lalu. Seperti yang Anda ketahui seorang mualaf mempunyai catatan bersih, seperti baru terlahir dari rahim Ibu, dan kemudian sebisa mungkin menjaga catatan ini tetap bersih dan selalu berusaha melakukan perbuatan baik. Seperti halnya dahulu Rasulullah memerintahkan mandi Tsumamah bin Utsal dan Qis bin ‘Ashim ketika masuk Islam.

Mulai Beribadah
Diwajibkan bagi orang yang baru masuk Islam untuk salat lima waktu dan mengerjakan kewajiban lainnya. Seperti membaca Alquran, menjalankan semua perintah agama dan menjauhkan larangan agama, dan segala sesuatu ibadah menurut Islam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.