oleh

Ingin Kirim Pesan WhatsApp ke Banyak Orang Tanpa Bikin Group? Begini Caranya

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu pengguna WhatsApp?. Ya, aplikasi perpesanan ini sekarang sudah sangat populer di semua kalangan. Bagaimana tidak, lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia menggunakan WhatsApp.

Tidak hanya bersifat pribadi, WhatsApp bisa bergabung ke banyak group. Tapi, terlalu memiliki banyak group tentu tidak nyaman. Bukan tidak mungkin handphone Anda akan selalu berbunyi karena notifikasi pesan dari group WhatsApp Anda.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Karena, ada kalanya Anda juga ingin mengirim pesan yang sama ke banyak orang, misalnya membuat ucapan Selamat Idul Fitri atau ucapan hari besar lainnya, tanpa harus membuat group obrolan. Lalu, bagaimana solusinya?. Yuk coba broadcast list atau daftar siaran.

Dilansir Liputan6.com, yang mengutip dari laman Times of India, fitur broadcast list pada WhatsApp memungkinkan pengguna mengirimkan pesan yang sama, misalnya ucapan Selamat Idul Fitri, ke banyak kontak dalam sekali kirim.

Broadcast list merupakan daftar kontak yang disimpan agar bisa mengirimkan pesan yang sama, secara bersamaan, tanpa harus memilih satu per satu kontak tiap ingin kirim pesan atau membuat group WhatsApp.

Fitur ini juga bertujuan mencegah pembuatan group yang tidak terlalu penting. Broadcast list pada WhatsApp bisa mencapai 256 kontak pada saat bersamaan.

Syaratnya adalah kontak yang dimasukkan ke boradcast list menyimpan nama pengirim. Dengan begitu, pesan broadcast bakal masuk ke inbox mereka.

Begini Cara Membuatnya

1. Pada Android, masuk ke WhatsApp kemudian tap pada menu titik tiga yang ada di sudut kanan atas layar.

2. Pilih opsi New Broadcast. Lalu, cari dan pilih kontak yang ingin dimasukkan broadcast list.

3. Setelah itu, tap tanda check list warna hijau yang ada di bagian bawah layar.

Sementara pada WhatsApp iPhone, broadcast list bisa ditemukan dengan mudah di atas layar menu chat. Pengguna bisa menambahkan kontak di dalamnya hingga maksimal 256 kontak.

Selanjutnya ketika pengguna mengirimkan sebuah pesan pada broadcast list, pesan hanya akan masuk pada kontak yang menyimpan nama kita di daftar kontaknya.

Para penerima pesan akan menerima pesan broadcast tersebut layaknya pesan normal lainnya. Jika mereka membalas pesan tersebut, akan tampak seperti chat biasa di smartphone pengguna.

Broadcast List Bisa Diedit, Caranya

Pengguna pun bisa mengedit atau ubah daftar kontak di broadcast list atau juga menghapus satu atau kontak yang ada di dalamnya. Berikut cara ubah broadcast list:

1. Buka broadcast list yang Anda miliki di WhatsApp.

2. Tap pada menu titik tiga dan pilih info broadcast list.

3. Pada info broadcast list, pengguna dapat:

– mengubah nama broadcast list dengan tap Edit.

– kemudian tambah penerima dengan cara mengetuk opsi Add recipient atau tambah penerima.

– hapus penerima dengan cara mengetuk edit recipients (ubah penerima) dan pilih X di samping kontak yang ingin dihapus dari daftar, terakhir pilih tanda checklist.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar