oleh

Ingin Lulus Tes CPNS 2021, Lakukan 8 Tips Berikut

PortalMadura.Com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan di buka di tahun ini. Banyak orang yang mendaftar menjadi CPNS dan berharap bisa lulus hingga diangkat menjadi PNS. Agar bisa lolos menjadi PNS ada beberapa hal yang harus Anda siapkan.

Persiapan yang Anda butuhkan mulai dari kesiapan mental, mempelajari soal seleksi CPNS, dan berdoa. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar lolos menjadi PNS di tahun ini dilansir dari laman Cnnindonesia.com.

Siapkan Berkas

Hal pertama yang harus Anda persipakan adalah berkas-berkas yang dibutuhkan untuk persyaratan CPNS. Anda harus menyiapkan berkas-berkas ini sejak jauh hari agar Anda tidak tergesa-gesa. Berkas yang pada umumnya harus disiapkan seperti KTP, Foto diri bebas dan formal, ijazah, dan transkip nilai.

Tentukan Formasi

CPNS memiliki banyak formasi yang bisa Anda ikuti. Sebelum Anda mendaftar CPNS maka pilihlah formasi yang sesuai dengan potensi atau ijazah Anda. Anda harus memikirkan dengan baik apakah akan bersaing ditingkat kementerian, tingkat provinsi, atau tingkat kabupaten dan kota.

Pelajari Soal Seleksi CPNS

Ada tiga bidang yang akan diujikan dalam seleksi CPNS yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). And bisa mencari soal-soal tes CPNS di google atau buku tes CPNS yang banyak diperjual belikan.

Percaya Diri

Hal yang juga penting itu adalah rasa percaya diri. Anda bisa memastikan semua berkas sudah lengkap. Kunci yang penting juga adalah tenangkan fikiran saat mengerjakan tes CPNS. Fikiran yang tenang akan membuat Anda lebih lancar dalam mengerjakan tes.

Atur Waktu

Mengerjakan tes CPNS bukan hanya tentag menjawab dengan tepat tapi juga cepat. Maka Anda harus sering latihan untuk mengatur waktu ujian dengan baik. Saat mengerjakan tes pilihlan soal yang lebih mudah terlebih dahulu agar waktu Anda tidak terbuag percuma.

Survey Lokasi

Survey lokasi sebelum tes adalah hal yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda mengetahui lokasi ujian Anda. Hal ini bertujuan agar Anda tidak terlamabat saat di hari ujian.

Datang Lebih Awal

Saat ujian sebaiknya datang lebih awal. Dengan Anda datang lebih awal maka Anda bisa beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini nantinya juga bisa mengurangi rasa gugup Anda. Usahakan datang satu jam sebelum ujian.

Kerjakan dengan Tenang

Merasa gugup sat mengerjakn ujian akan membuat fikiran Anda kacau. Gugup memang hal yang wajar namun Anda bisa melakukan hal-hal yang bisa menghilangkan rasa gugup itu.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : cnnindonesia.com

Komentar