Ingin Miliki Sekolah Ideal yang Berkualitas? Ini 5 Tipsnya

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Miliki Sekolah Ideal yang Berkualitas? Ini 5 Tipsnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru, tentu bagi murid yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi baik itu dari SD ke SMP ataupun dari SMP ke SMA biasanya akan bingung memilih sekolah mana yang akan dimasuki.

Oleh sebab itu, perlu pertimbangan yang matang agar sekolah yang dipilih membuatnya merasa nyaman. Karena belajar bukan hanya soal mendapatkan hal yang baru tapi sekolah yang memang ideal juga perlu mendapat perhatian agar nantinya tidak merasa menyesal dikemudian hari. Kualitas yang baik tentunya akan membawa masa depan muridnya menjadi lebih baik bukan?.

Berikut ini lima tips agar Anda bisa memilih yang terbaik:

Reputasi Sekolah
Reputasi sekolah memegang peranan yang sangat penting sebagai bahan pertimbangan utama jika Anda ingin menjadi murid baru. Misalnya, situasi dan kurikulum belajar, kualitas guru, cara interaksi sekolah dengan para murid serta reputasi sekolah di mata masyarakat. Kalau beberapa hal ini sudah diselidiki dan hasilnya baik, maka Anda harus mulai melupakan tips selanjutnya.

Biaya
Masalah biaya juga jadi bahan pertimbangan yang penting karena tidak semua sekolah yang mahal berkualitas. Ada pula sekolah yang mematok biaya mahal hanya demi keuntungan semata. Tidak ada salahnya memilih sekolah dengan biaya cukup terjangkau namun memiliki kualitas yang baik.

Fasilitas
Memilih sekolah yang baik juga tidak terlepas dari pengaruh fasilitas yang ada di dalamnya. Fasilitas tersebut bisa berupa peralatan mengajar yang lengkap, laboratorium IPA dan komputer, atau bahkan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam. Fasilitas ini sangat menentukan prestasi, jadi pastikan bahwa ada fasilitas yang baik di sekolah Anda yang baru.

Letak Sekolah
Jika ingin menekan biaya sekolah yang makin mahal, Anda bisa memilih sekolah yang letaknya tidak jauh dari rumah. Selain lebih hemat, anak juga tidak akan merasa letih dalam perjalanan menuju sekolah. Cari sekolah yang bisa dijangkau oleh kendaraan umum dan letaknya dekat dengan fasilitas umum.

Kurikulum Sekolah
Jenis kurikulum merupakan salah satu pertimbangan penting saat mencari sekolah baru yang ideal. Pasalnya, tidak semua kurikulum memberikan ilmu yang bermanfaat untuk masa depan lewat mata pelajaran yang diberikan. Paling tidak sekolah tersebut menggunakan kurikulum terbaru yang ditentukan pemerintah jika memang sekolah negeri yang Anda pilih.

Memilih sekolah dengan rekam jejak yang baik juga ikut mempengaruhi masa depan Anda. Tidak ada salahnya mencoba beberapa tips di atas agar nantinya Anda bisa mendapatkan sekolah ideal sekaligus sekolah idaman.(merdeka.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.