Ingin Password Anda Aman? Gantilah Sesering Mengganti Celana Dalam

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Password Anda Aman? Gantilah Sesering Mengganti Celana Dalam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Password merupakan hal krusial dalam bermacam kegiatan online. Apabila password seperti email sampai bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab, maka bermacam informasi baik itu yang penting, maupun memalukan bisa tersebar.

Seperti hasil survei yang dilakukan Kaspersky Lab mengenai keamanan data terhadap 11.000 orang menyebutkan bahwa 59 persen responden akan menghindari menggunakan penyedia jasa keuangan yang baru-baru ini mengalami insiden keamanan data.

Namun sangat disayangkan, hal tersebut tidak dibarengi dengan kebiasaan baik dari konsumen. Misalnya, masih ada konsumen yang melakukan transaksi online di komputer yang digunakan massal (seperti di warung internet), atau dengan jaringan internet bersama (Wi-Fi di tempat umum).

Kaspersky Lab memiliki beberapa tips bagi pengguna internet, melihat ancaman keamanan data pengguna yang menyebabkan potensi kerugian material. Salah satunya adalah dengan mengganti password berbagai akun internet secara berkala.

Saking Pentingnya, Corporate Communication Manager Kaspersky Lab South East Asia, Sanjeev Nair, mengemukakan bahwa Kaspersky Lab memiliki sebuah kampanye ‘Passwods are like underwear' atau ‘Password mirip dengan '.

“Sama seperti pakaian dalam, password akun kita di internet harus sering diganti. Kampanye global kami menyebutkan, jangan berbagi (password) dengan siapa pun dan seringlah mengganti password Anda,” ujar Nair, di Jakarta.

Nair melanjutkan,  saat mengganti password, gunakanlah kombinasi yang tidak mudah diduga-duga oleh orang lain.

Sementara itu, menurut  Territory Channel Manager Kaspersky Labs Indonesia, Dony Koesmandarin, menyarankan untuk tidak menggunakan tanggal lahir, nama anak, nama pasangan, serta data-data umum sebagai password.

Dony melanjutkan, tips lain yang disarankannya adalah setiap perangkat komputer serta smartphone perlu dilengkapi dengan antivirus yang selalu diperbarui.

“Install dan pastikan Anda memperbarui antivirus. Selanjutnya, gunakan personal firewall untuk menghindari perangkat Anda dari serangan peretas,” kata Dony.

Selanjutnya, Dony menyebutkan pengguna hardware untuk tidak lupa memulihkan (backup) data-data pada perangkat komputer. Tips keamanan lain yang perlu dilakukan pengguna adalah memastikan agar sistem operasi dan aplikasi selalu diperbarui.

“Jika menggunakan email, saya sarankan untuk tetap berada pada plain text, tidak perlu mengatur tampilannya. Memang terlihat lebih menarik, tetapi hal itu justru menjadikannya rentan,” ujarnya.

Bahkan, ada hal lain yang perlu diperhatikan, pengguna mesti berhati-hati dan jeli terhadap lampiran dalam email yang berjenis file eksekusi (.exe). Terakhir dan yang harus diperhatikan adalah, pengguna internet agar tidak membalas email spam.

“Pokoknya jangan membalasnya, kalau sekadar membaca tidak apa-apa. Selain itu, jangan pilih unsubscribe tautan (link) tersebut. Sebab, itu justru menjadikan email sejenisnya terus-terusan masuk, padahal sudah berhenti berlangganan,” urainya. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.