oleh

Ingin Punya Bulu Mata Tebal dan Panjang? Lakukan 7 Cara Ini

PortalMadura.Com – Bulu mata merupakan bagian dari kelopak mata yang berupa helaian rambut-rambut. Bagian ini berfungsi untuk melindungi supaya debu, keringat atau air yang menetes dari dahi tidak langsung masuk ke mata.

Memiliki bulu mata yang panjang dan tebal mungkin menjadi idaman hampir setiap wanita. Sehingga mereka melakukan banyak cara untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan tebal.

Saat ini yang paling mudah dilakukan untuk mendapatkan bulu mata yang tebal dan panjang yaitu eyelash extension. Namun, tentu saja hal itu punya efek samping. Nah jika Anda ingin bulu mata panjang dan tebal tapi secara alami, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman merdeka.com, lakukan beberapa cara ini.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa biasanya umum digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut. Hal ini dikarenakan minyak kelapa memiliki efek penetrasi yang mampu membantu menjaga protein rambut.

Oleh karena itu, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk merawat bulu mata yang menipis agar bisa tumbuh kembali. Cara menggunakannya, pertama bersihkan bulu mata Anda dengan menggunakan air. Setelah itu tuangkan satu sendok teh minyak kelapa ke kapas lalu oleskan disepanjang garis bulu mata atas dan bawah anda.

Pastikan untuk berhati-hati saat mengoleskannya karena bisa meninggalkan lapisan berminyak pada bulu mata yang bisa membuat bulu mata terlihat tidak lentik.

Vitamin E

Vitamin E memiliki antioksidan tinggi dan dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif yang menyebabkan kerontokan rambut. Senyawa tocotrienol dalam vitamin E juga bisa membantu menumbuhkan rambut termasuk memanjangkan bulu mata.

Lebih baik konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu perihal takaran yang harus digunakan. Caranya hanya dengan mengoleskan vitamin E pada bulu mata secara merata.

Caster Oil

Kandungan asal ricinoleic pada caster oil atau minyak jarak bisa membantu bulu mata yang rontok untuk tumbuh kembali. Hal ini juga bisa membuat bulu mata akan terlihat lebih bervolume.

Cara penggunannya dengan menuangkan 1 sdt minyak jarak ini ke kapas. Setelah itu baru oleskan caster oil ke sepanjang garis bulu mata atas dan bawah dan diamkan semalaman. Jangan lupa untuk membersihkan bulu mata terlebih dahulu.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik yang bisa meningkatkan pertambahan rambut. Hal ini tentu saja bisa membantu membuat bulu mata menjadi lebih panjang jika digunakan pada bulu mata.

Caranya tuangkan 3-4 tetes minyak zaitun pada kapas kemudian oleskan ke bulu mata bagian atas dan bawah. Diamkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Shea Butter

Shea Butter memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi serta kaya akan antioksidan dan anti-inflammantory properties(11). Kandungan vitamin C bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kolagen sehingga membuat ketebalan bulu mata terjaga.

Caranya dengan mengambil sedikit shea butter dan gosokan diantara jari hingga meleleh kemudian oleskan ke bulu mata atas dan bawah. Biarkan semalaman dan bilas keesokan paginya.

Suplemen Biotin

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan dari dalam ialah mengonsumsi suplemen biotin. Suplemen ini bisa membantu menumbuhkan rambut, termasuk memanjangkan bulu mata dan alis yang rontok. Namun jangan lupa, jika ingin mengonsumsi suplemen ini alangkah lebih baiknya sesuai dengan anjuran dokter.

Jangan lupa juga untuk selalu meminjat kelopak mata dengan lembut. Hal serupa juga dilakukan jika seseorang ingin memenjangkan rambut maka akan memijat bagian kepala.

Teh Hijau

Memanjangkan bulu mata juga bisa dilakukan dengan menggunakan teh hijau atau green tea. Bahan ini kaya akan kandungan polifenol atau epigallocatechin 3 gallate (EGCG) yang membantu pertumbuhan rambut dan bulu mata.

Cara pemakaiannya cukup dengan menyeduh satu sendok teh green tea dengan air panas lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian saring airnya dan minum setidaknya dua kali sehari. Selain dikonsumsi, Anda juga bisa mengoleskan green tes ke bulu mata langsung menggunakan kapas satu kali sehari.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Merdeka.Com

Komentar