oleh

Ingin Segera Naik Haji? Baca Doa Ini Agar Dimudahkan

PortalMadura.Com – Hampir setiap umat Muslim di dunia ini bisa melaksanakan rukun Islam yang ke lima yaitu haji. Dengan kata lain, bisa menunaikan ibadah haji adalah cita-cita umat Islam.

Tidak heran, banyak orang rela menabung sampai puluhan tahun untuk mendapatkan kesempatan itu. Adapun bagi yang sudah mampu atau memenuhi syarat maka wajib hukumnya untuk melaksanakan ibadah tersebut.

Selain dengan cara berusaha, sebenarnya juga ada doa yang bisa dipanjatkan agar seorang Muslim bisa segera naik haji. Bagaimana bacaan doanya?. Yuk simak selengkapnya berikut ini seperti dilansir PortalMadura.Com, Minggu (16/2/2020) dari laman Republika.co.id:

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Muhammad Cholil Nafis mengatakan, bila seorang ingin segera naik haji, maka panjatkanlah doa yang dahulu dibaca Nabi Ibrahim ketika meninggalkan Kakbah.

Doa itu terdapat dalam Alquran pada Surah Al-Baqarah, ayat 127-128,” kata Kiai Cholil.

Berikut bunyi ayat itu dikutip Kiai Cholil:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ=

… Rabbana taqabbal minna, innaka anta as sami’ul-‘alim. Rabbana waj’alna muslimaini laka wa min dzurriyyatina ummatan muslimatan laka wa arina manasikana wa tub ‘alaina, innaka anta attawwabur-rahim“.

Adapun artinya adalah sebagai berikut,

… Ya Tuhan kami, semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan dapat menjadikan kami berdua (suami-istri) orang yang tunduk patuh kepada Engkau serta (menjadikan) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau. Dan semoga Engkau selalu berkenan memberikan petunjuk kepada kami agar dapat menunaikan ibadah haji, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang“.

Kiai Cholil mengatakan, doa ini juga bisa dibaca bagi seorang yang sudah pernah naik haji tapi menginginkan kembali datang ke Tanah Suci. “Doanya sama,” ucapnya.

Baca Juga : 4 Keutamaan Lakukan Ibadah Haji

Selain berdoa, Kiai Cholil juga menyarankan agar perbanyak beramal. Di antaranya berselawat dan beristighfar. Demikian bacaan doa agar segera naik haji. Semoga Anda menjadi salah satu orang yang bisa datang ke tanah suci tersebut. Wallahu A’lam.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Republika.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar