oleh

Ingin Sehat? Hindari 4 Hal Fatal Ini

PortalMadura.Com – Sehat, Satu kata yang pastinya semua umat manusia dibumi ini ingin selalu memilikinya. Namun tak jarang juga mereka ingin hidup sehat namun tetap melakukan hal-hal yang membuatnya tidak sehat.

Banyak hal sederhana saja yang dapat menjadikan kita memiliki pola hidup yang tidak sehat. Apa saja 4 hal yang buruk untuk dilakukan saat kita ingin hidup sehat? Mari kita bahas bersama.

Duduk bersila

Menyilangkan kaki di lutut sambil duduk adalah posisi yang nyaman bagi banyak orang. Tapi, riset yang diterbitkan dalam jurnal Blood Pressure Monitoring membuktikan kebiasaan ini bisa meningkatkan tekanan darah hingga 10 persen.

Menyilangkan kaki juga bisa membuat stres pada sendi pinggul dan dapat menyebabkan penyatuan darah di kaki ketika pembuluh darah dikompresi. Menurut pakar jantung bernama Dr Stephen Sinatra, ini dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah. Untuk mengatasinya, berlatihlah untuk menyilangkan kaki tanpa menekan pembuluh darah vena.

Memencet jerawat

Banyak orang yang tergoda untuk memencet jerawat di wajahnya. Tapi, dokter kulit mengatakan jika kebiasaan ini bisa mengakibatkan bekas luka bahkan infeksi. Ini terjadi karena jerawat yang dipencet akan membuka kulit dan bakteri dari jari-jari dapat masuk ke aliran darah. Dr Jeremy Brauer, dokter kulit dari AS, mengatakan memencet jerawat sangat berbahaya, terutama saat kita melakukannya di daerah yang dikenal sebagai “segitiga bahaya”.

Daerah ini merupakan area kulit dari sudut mulut menuju jembatan hidung. Pembuluh darah pada area itu mengalir ke dasar otak, di mana infeksi dapat memicu kelumpuhan, kebutaan atau kematian. Jadi, jangan memencet jerawat. Tapi, saat kita benar-benar tak dapat menahan diri, bersihkan wajah dan tangan secara menyeluruh sebelum melakukannya. Setelah itu, bungkus jaringan di sekitar jari telunjuk untuk melindungi kulit saat menekan. Kemudian, disinfeksi area tersebut dengan setetes trichlorophenol.

Minum teh dan kopi panas

Berdasarkan riset dari WHO, minum cairan sangat panas dapat meningkatkan risiko kanker esofagus. Ini terjadi karena suhu panas dapat merusak sel-sel kulit yang melapisi esofagus. Jadi, biarkan minuman panas mendingin sebelum kita minum.

Menghabiskan akhir pekan hanya untuk tidur

Tidur selama akhir pekan nampaknya bisa menjadi stategi untuk mendapatkan tidur yang cukup ketika hari kerja yang membuat kita larut dalam kesibukan. Tapi, itu bisa membuat kita sulit tidur di mala hari, menyebabkan kelelahan dan nafsu makan berlebih.

Ini terjadi karena aktivitas itu bisa menganggu ritme sirkadian normal. Ritme sirkadian merupakan siklus tubuh yang mengatur fungsi-fungsi dasar, mulai kita bangun dan tidur, hingga ketika kita merasa lapar. Tubuh dapat mendambakan makanan yang tidak sehat untuk mengimbangi suplai makanan yang habis. Untuk itu, kita harus mengatur pola tidur. Tidurlah pada waktu yang sama setiap hari.

Itulah 4 Hal yang fatal dilakukan bila dilakukan dan sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan dari dalam diri. Jadi, Mari kita mulai hidup sehat dengan melakukan hal-hal yang sederhana. Semoga bermanfaat guys. (kompas.com/Anek)


Tirto.ID
Loading...

Komentar