oleh

8 Permainan yang Konon Bisa Panggil Hantu, Berani Coba?

PortalMadura.Com – Zaman dahulu, jailangkung menjadi salah satu permainan tradisional khas Nusantara sebagai ritual untuk memanggil hantu. Alat yang digunakan dalam permainan ini yaitu sebuah gayung air, biasanya terbuat dari tempurung kelapa yang dipakaikan baju dan bergagang batang kayu.

Meskipun tidak banyak yang menyukai kisah menyeramkan dari jailangkung. Tapi beberapa di antaranya mengaku tidak takut dengan cerita itu sehingga memunculkan mitos-mitos hantu sebagai imbas untuk orang yang memainkannya.

Konon, bila permainan ini diakhiri tanpa melepas atau berpamitan dengan makhluk halus yang masuk ke dalam boneka, makhluk gaib tersebut bisa murka dan dapat membuat masalah untuk para pemanggilnya.

Selain jailangkung yang terkenal di Indonesia, ada sejenis permainan menyeramkan lain yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Apa saja?. Ini 8 permainan menyeramkan yang katanya bisa mendatangkan hantu:

Light as a Feather, Stiff as a Board
Anda tidak memerlukan alat khusus untuk memainkan “Light as a Feather, Stiff as a Board“. Cukup satu orang yang bersedia untuk ikut ambil bagian dari permainan ini. Dia berbaring di lantai dan Anda beserta teman-teman Anda yang lain harus berlutut. Masing-masing orang yang berlutut kemudian menempatkan dua jari di bawah orang yang berbaring.

Lalu mulailah mengucapkan “light as a feather, stiff as a board” secara berulang, sambil menutup mata. Jika Anda sedang beruntung, konon arwah atau makhluk halus yang berada di sekitar Anda akan menopang orang yang berbaring tadi sehingga tubuhnya bisa melayang.

Papan Ouija
Meskipun papan ouija umumnya dijual sebagai permainan anak-anak, namun sebenarnya benda ini punya makna lain. Pada awalnya papan Ouija dikenal pada Abad ke-19 sebagai “papan yang bisa berbicara”. Iklan dari papan ini mendeskripsikan, papan sihir tersebut merupakan papan yang dapat menjawab berbagai pertanyaan pada masa lalu, masa kini, bahkan masa depan.

Kemunculan papan ini menjadi populer di Amerika. Apalagi pada saat itu kebanyakan orang masih percaya hal-hal supranatural. Bahkan, mereka juga percaya bahwa papan permainan tersebut merupakan media komunikasi dengan orang-orang terdekat yang sudah meninggal.

Kini, Anda bisa mendapatkan papan ouija dengan mudah di toko mainan apa pun di luar negeri. Ouija juga dikenal sebagai papan roh atau papan yang dapat bicara dengan bentuknya datar. Papan ini identik dengan huruf abjad, angka 0–9, kata “ya”, “tidak”, “halo” (tidak semua papan ouija ada kata ini), dan “selamat tinggal” , berbagai simbol dan grafik, juga sepotong kayu berbentuk hati kecil yang disebut planchette.

Cara memainkannya yaitu letakkan jari-jari Anda di atas planchette dan benda ini konon bisa bergerak dengan sendirinya karena ulah hantu. Pergerakan tersebut akan mengeja kata-kata atau kalimat yang ingin diutarakan oleh hantu di sekitar Anda.

Anda bisa bertanya apa pun kepada si hantu dan hantu ini akan menjawab setiap pertanyaan Anda dengan menggerakkan planchette ke huruf-huruf, angka, simbol yang ada di papan agar bisa dibaca oleh Anda nantinya.


Tirto.ID
Loading...

Komentar