Ini 10 Keutamaan Baca Selawat yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 10 Keutamaan Baca Selawat yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Membaca bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Bahkan dalam dasar hukum Islam, ada banyak kemudahan dalam urusan ibadah salah satunya membaca selawat yang bisa dibaca dalam hati. Karena banyak sekali manfaat dan membaca selawat.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Jika orang berselawat kepadaku, maka malaikat juga akan medoakan keselamatan baginya, untuk itu berselawatlah, baik sedikit ataupun banyak. “ [HR. Ibnu Majah dan Thabrani].

Dari hadits dalam riwayat diatas bisa diketahui jika melakukan selawat akan memberikan banyak keutamaan dan juga kebaikan. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Diutamakan Saat Kiamat
Seseorang yang secara rutin membacakan sholawat, maka disaat kiamat nanti akan lebih diutamakan dari sekian banyak orang yang lainnya yang merupakan fadhilah sholawat.

“ Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca Selawat kepadaku.“ [HR. Turmudzi dari Ibn' Mas'ud Ra]

Mendatangkan Rahmat dan Kurnia Allah SWT
Doa dan juga permohonan akan memberikan pengaruh baik untuk mendatangkan rahmat serta karunia dari Allah SWT. Selawat sendiri merupakan doa agar keinginan tercapai, sehingga seseorang yang berselawat juga berarti sudah mengundang kedatangan dari karunia serta segala nikmat dari Allah SWT.

Memperoleh Nilai Kebanggaan Tersendiri
Rasulullah SAW sangat menyenangi selawat sehingga beliau juga bersabda: “Sesungguhnya aku membanggakan adanya kalian kepada umat-umat yang lainnya.“

Sebagai umat yang sangat dibanggakan Allah SWT, sudah sepantasnya Anda juga mencintai Rasulullah SAW dengan cara selalu menyebutkan nama beliau setiap kali berselawat untukNya.

Mendekatkan Diri Pada Allah SWT
Allah SWT pernah bertitah pada Nabi Musa As jika apabila beliau ingin Allah lebih dekat pada Nabi Musa, maka Allah SWT memerintahkan beliau untuk banyak berselawat.

“Wahai Musa, apakah kamu ingin agar Aku lebih dekat kepadamu daripada kedekatan ucapan kepada lidahmu, daripada bisikan hatimu dari hatimu sendiri, daripada ruhmu ke badanmu dan daripada cahaya matamu pada matamu ?“

Musa as. menjawab, “ Ya, wahai Tuhanku. “ Lalu Tuhan berfirman, “ Maka perbanyaklah membacakan selawat untuk Muhammad SAW. “

Diangkat 10 Derajat dan Dihapus 10 Keburukan
Sholawat yang dilakukan 1 kali saja sudah akan mendatangkan pengangkatan 10 derajat orang tersebut dan juga dihapuskan 10 kali kesalahan. Bisa dibayangkan jika sholawat dilakukan secara terus menerus, maka akan banyak kesalahan yang dihapus dan juga pengangkatan derajat berkali kali lipat.

Abas bin Malik berkata, telah bersabda Rasulullah SAW: “Barang siapa yang berselawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan berselawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat.“ [HR. An-Nasa'I no. 1296].

Menolak Bencana dan Pemenuhan Hajat
Beberapa selawat juga mempunyai manfaat khusus yang berbeda untuk setiap pembacanya. Salah satunya adalah selawat Munjiyat yang sangat berguna untuk menolak segala sesuatu bencana, menghadapi musibah dalam Islam sekaligus pemenuhan hajat yang terbilang besar bahkan untuk kebutuhan mendesak dengan menggunakan cara tertentu yang sudah ditetapkan.

Ada Disisi Nabi Saat Sakratul Maut
Seseorang yang secara teratur membacakan selawat juga memiliki keutamaan berupa penghargaan yang sangat besar dimana Nabi Muhammad akan hadir di sisi orang tersebut saat sedang menghadapi sakratul maut.

Diberikan Pengampunan Dosa
Membacakan sholawat juga akan memberikan pengampunan dosa besar dalam Islam yang didasari dengan keimanan seorang mukmin, kecintaan dan juga keikhlasan di saat membacakan selawat tersebut.

Wahai Abu Kahil, barang siapa membaca selawat untukku setiap hari sebanyak tiga kali dan setiap malam sebanyak tiga kali, karena cinta dan rindu kepadaku, maka Allah SWT mewajibkan atas diriNya untuk mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari tersebut.” [HR Ibnu Abi Ashim dan Ath-Thabrani

Menjauhkan Kefakiran dan Mendekatkan Keberkahan
Seseorang yang membacakan selawat juga akan mendapatkan keutamaan berupa dijauhkan dari kefakiran dan juga mendapatkan kelimpahan keberkahan dan juga kebaikan.

Mendapatkan Keberkahan Turun Temurun
Bagi mereka yang sering membacakan selawat juga akan mendapatkan kebaikan serta keberkahan yang melimpah bahkan sampai ke anak dan cucu mereka.

Membaca selawat untuk Rasulullah akan melimpahkan keberkahan pada orang yang membaca selawat, anak-anaknya dan cucu-cucunya.” [al-Hadist].

Demikian ulasan dari kami tentang keutamaan membaca sholawat secara rutin yang tidak hanya bisa dirasakan di dunia namun juga saat di akhirat nanti. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan seputar Islami. (dalamislam.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.