Ini 10 Khasiat Menakjubkan Berolahraga Sebelum Sarapan

  • Bagikan
Olahraga Sebelum Sarapan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Rutin berolahraga setiap pagi merupakan kebiasaan sehat yang tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, manfaat olahraga sudah tidak diragukan lagi untuk menyehatkan tubuh baik secara fisik maupun mental seseorang.

Sebenarnya tidak hanya jenis latihan yang dilakukan, waktu untuk berolahraga juga bisa memengaruhi hasil yang bisa didapatkan. Salah satu waktu terbaik untuk olahraga adalah pada saat pagi hari sebelum Anda sarapan.

Berikut sepuluh khasiat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga sebelum sarapan:

Meningkatkan Energi
Saat Anda tidur di malam hari, energi yang disimpan digunakan dalam proses metabolisme tubuh. Latihan ringan di pagi hari meski hanya dilakukan selama 30 menit bisa membantu mengisi daya tubuh dan meningkatkan energi.

Menurunkan Berat Badan
Berolahraga dengan perut kosong membantu untuk membakar lebih banyak. Makanya, berolahraga sebelum sarapan menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Membangun Otot
Saat Anda berolahraga sebelum sarapan, perut yang kosong bisa memicu produksi hormon yang membantu membakar lebih banyak lemak dan membangun otot. Setelah berolahraga, lanjutkan dengan sarapan sehat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengontrol Diabetes
Diabetes adalah salah satu masalah kesehatan yang serius. Saat Anda berolahraga dini sebelum sarapan, aktivitas ini bisa melindungi terhadap intoleransi glukosa dan resistensi insulin. Sehingga bisa mengontrol diabetes.

Mengontrol Tekanan Darah
Jalan cepat, jogging, berenang, dan bahkan aerobik adalah beberapa jenis latihan terbaik yang bisa Anda lakukan sebelum sarapan. Gerakan ini bisa membantu dalam mengatur aliran darah dan mencegah tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Meski dilakukan pagi hari, olahraga sebelum sarapan bisa memberikan manfaat pada kualitas tidur Anda di malam hari. Sebab olahraga akan mengembalikan ritme sirkadian sehingga membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari.

Menyehatkan Jantung
Olahraga bisa membuat aliran darah membaik. Hal ini berdampak positif pada kesehatan jantung.

Mendukung Kesehatan Mental
Memulai hari dengan kebiasaan yang sehat seperti olahraga bisa meningkatkan daya otak dan daya ingat. Dampaknya, risiko demensia menurun dan kesehatan mental membaik.

Mengurangi Stres
Berolahraga di pagi hari memberikan efek menenangkan pada sistem saraf dan membantu mengurangi stres.

Meningkatkan Imunitas
Jogging atau berolahraga ringan di pagi hari bisa meningkatkan antibodi tubuh dan membuat tubuh Anda jadi kebal terhadap segala macam jenis infeksi ringan. (merdeka.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.