Ini 10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Avatar of PortalMadura.com
Ini 10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak suka ? Buah yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral ini ternyata juga disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Karena buah ini sangat bermanfaat untuk perkembangan janin.

Selama hamil, seorang ibu memang disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur. Karena selain untuk kesehatan dirinya sendiri juga untuk janin yang dikandung. Dan salah satu buah yang direkomendasikan yaitu buah naga. Lantas apa lagi ?

Berikut daftarnya:

Sumber Lemak Sehat
Kehadiran lemak baik dalam tubuh perempuan hamil merupakan faktor penting, karena tidak hanya memberikan energi untuk menjaga berbagai proses berjalannya metabolisme, tetapi juga bekerja dalam mendukung pertumbuhan otak pada janin. Lemak yang terkandung dalam buah naga, bukan merupakan sumber lemak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi ibu dan bayi untuk mendukung kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan.

Sumber Karbohidrat
Meskipun lemak bertindak lebih sebagai penyimpanan energi yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh ketika dibutuhkan, ada juga kebutuhan sumber energi yang mudah diakses, untuk mentransfernya langsung ke janin. Ini diperoleh dalam bentuk karbohidrat yang hadir dalam jumlah yang baik dalam buah naga. Kandungan buah naga yang kaya akan sumber karbohidrat, merupakan sumber energi alami yang penting untuk mendukung kesehatan ibu dan pertumbuhan bayi.

Baca Juga: 5 Manfaat Tersembunyi Buah Naga untuk Perawatan Kecantikan

 

Mencegah Kanker
Mengembangkan kanker di tengah-tengah kehamilan merupakan mimpi buruk. Tetapi kemungkinan meningkat ketika radikal bebas di dalam tubuh bebas untuk merusak organ secara internal serta menghambat pertumbuhan janin. Buah naga mengandung antioksidan, dikombinasikan dengan vitamin C, betakaroten dan juga likopen. Dan ini bekerja bersama dalam merawat radikal bebas, memperbaiki kerusakan internal, serta menyediakan tubuh dengan tubuh anti-karsinogenik untuk mencegah pertumbuhan tumor yang tidak berdasar.

Mencegah Infeksi
Terinfeksi oleh mikroba yang berbeda menimbulkan risiko bagi janin karena mereka dapat menemukan jalan mereka ke bayi melalui plasenta. Buah naga memberikan manfaat melakukan regenerasi sel dalam pengobatan luka yang mencegah infeksi, serta menyediakan tubuh antijamur dan antibakteri untuk mengatasi mikroba yang sudah ada.

Mengatasi Sembelit
Selama masa kehamilan, tidak jarang perempuan mengeluhkan masalah pada sistem pencernaan, misalnya sembelit. Guna mengurangi masalah ini, penting bagi ibu hamil untuk selalu mengonsumsi buah yang kaya akan serat, salah satunya buah naga. Konsumsilah buah naga secara teratur agar sistem pencernaan kembali normal dengan fungsi yang efisien.

Meningkatkan Hemoglobin
Zat besi dalam buah naga membantu sel-sel darah meningkatkan kapasitas membawa oksigen, dengan meningkatkan kadar hemoglobin. Ini, akibatnya, juga mengurangi kemungkinan anemia pada kebanyakan perempuan saat sedang hamil.

Membantu Pengembangan Tulang
Kalsium bukan satu-satunya aspek yang dibutuhkan janin untuk mengembangkan struktur tulangnya. Fosfor juga memainkan peranan penting di dalamnya, dan keduanya hadir dalam buah naga dalam jumlah yang baik. Mereka juga bekerja untuk menjaga kesehatan gigi yang baik pada ibu juga.

Mencegah Cacat Saat Lahir
Perkembangan saraf anak sangat penting untuk dilanjutkan tanpa hambatan. Kelompok vitamin B-kompleks yang dikombinasikan dengan folat yang terkandung dalam buah naga memainkan peran penting dalam mengembangkan sistem saraf serta tabung saraf anak, memastikan dia bebas dari gangguan.

Mencegah Preeklampsia
Kehadiran hipertensi pada perempuan hamil meningkatkan risiko pre-eklampsia dengan jumlah yang sangat besar. Buah naga membantu menjaga tingkat tekanan darah yang stabil serta gula darah menjaga komplikasi yang terkait dengan kehamilan seminimal mungkin.

Mengurangi Risiko Keguguran
Peluang keguguran paling tinggi yaitu pada trimester pertama karena janin belum cukup kuat. Buah naga mengandung asam folat dalam proporsi besar yang meningkatkan kekuatan janin, dan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya keguguran.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.