Ini 3 Amalan Doa di Penghujung Ramadan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 3 Amalan Doa di Penghujung Ramadan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebentar lagi bulan Ramadan yang penuh keberkahan dan pengampunan akan berakhir. Oleh karena itu, berbagai persiapan untuk melepas Ramadan sangat dianjurkan dengan mengamalkan beberapa doa .

Sebagaimana yang dianjurkan Rasulullah untuk mengamalkan tiga jenis doa akhir Ramadan. Seperti apa?. Berikut penjelasannya:

Doa Ketika 10 Hari Menjelang Akhir
Ini merupakan yang dianjurkan Nabi agar diterapkan ketika memasuki 10 hari menjelang akhir Ramdhan seperti hukum berjamaah.

Telah menceritakan kepada kami Abu al-Yaman berkata, telah mengabarkan kepada kami Syu'aib berkata, telah menceritakan kepada kami Abu az-Zanad dari al-A'raj dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Barang siapa menegakkan lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R. Bukhari 34, diriwayatkan juga oleh jamaah ahli hadis)

Selain doa untuk 10 hari kepergian bulan suci tersebut masih ada beberapa amalan doa-doa yang lain yang memang dianjurkan dan diajarkan oleh nabi Muhammad SAW seperti hukum berdoa sebelum salam.

Doa Qunut
Doa qunut ini merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW yang akan dibaca ketika sedang melaksanakan rakaat terakhir di shalat Witir berjamaah. Dimana nabi sendiri sangat menganjurkan dan mengajarkan kepada shabat dan umatnya untuk selalu mengamalkan doa qunut ini ketika ramadhan akan berakhir dan dianjurkan sekali mebacanya setelah shalat witir.

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Abu al-Ahwash dari Abu Ishaq dari Buraid bin Abu Maryam dari Abu al-Khaura' As Sa'di dia berkata, al-Hasan bin Ali r.a. berkata, “Rasulullah saw. mengajariku beberapa kalimat yang saya ucapkan dalam salat Witir, yaitu Allahummahdini fiiman hadait, wa'aafini fiiman ‘afait, watawallanii fiiman tawallait, wabaarik lii fiima a'thait, waqinii syarrama qadlait, fainnaka taqdli walaa yuqdla ‘alaik, wainnahu laa yadzillu man waalait, tabaarakta rabbana wata'aalait.

Doa Mengharap Malam Lailatul Qadar
Sedangkan doa ketiga atau doa terakhir yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk diamalkan ketika akhir ramadhan yaitu doa agar bisa mendapatkan keistimewaan dan hadiah dibulan ramadhan yaitu malam lailatur qadar. Nabi menganjurkan pada umatnya untuk mengamalkan doa dibawah ini dan mengisyarakatkan bahwa dalam mengharapkan lailatur qadar tetap berserah dan memohon ampunan dan diberikan yang terbaik.

Telah menceritakan kepada Qutaibah telah menceritakan kepada kami Ja'far bin Sulaiman Adh Dhuba'i dari Kahmas bin al-Hasan dari Abdullah bin Buraidah dari Aisyah ia berkata, “Wahai Rasulullah, apabila aku mengetahui malam apakah lailatul qadar, apakah yang aku ucapkan padanya?” Beliau mengatakan, “Ucapkan: Allaahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa'fu ‘annii (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Ampunan dan Maha Pemurah, Engkau senang memberikan ampunan, maka ampunilah aku).” Abu Isa berkata, “Hadis ini adalah hadis hasan sahih. (H.R. Tirmidzi 3435 diriwayatkan juga oleh Ibnu Majah 3840, Ahmad 24215, 24320, 24322, 24330, 24559, dan 25018)

Nah, demikianlah pembahasan masalah beberapa anjuran doa yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. (dalamislam.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.