Ini 4 Kegiatan Seru yang Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak

Avatar of PortalMadura.com
Ini 4 Kegiatan Seru yang Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu organ vital manusia yang menjadi pusat pengaturan dan kendali tubuh, yaitu otak. Sehingga untuk meningkatkan kemampuannya, seseorang harus membiasakan diri untuk melakukan kegiatan yang memang bisa meningkatkan kekuatan otak tersebut.

Sebenarnya, ada empat cara mudah untuk meningkatkan sebagaimana yang dikemukakan oleh seorang ahli terkemuka di bidang plastisitas otak, Dr Michael Merzenich. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut ini ulasannya:

Belajar Detail
Habiskan waktu sekitar 30 menit untuk berjalan santai keliling daerah rumah Anda. Selama berjalan, ingat-ingat apa saja yang ada di sekitar Anda. 2-3 hari setelahnya, cobalah untuk kembali berkeliling sambil mengingat-ingat apa saja yang sudah Anda temui sebelumnya sedetail-detailnya! Seperti contoh, waktu ketika Anda sedang melihat benda tersebut.

Bermain
Permainan seperti ping pong, tennis, atau juggle akan membantu Anda mendapatkan kemampuan otak yang lebih baik. Gambaran yang ditangkap serta aksi yang dilakukan secara cepat saat melakukan hal tersebut akan mengajak otak belajar untuk mengontrol dan juga menjadikannya lebih kuat.

Mengingat Nama
Selain bermain ping pong, lakukan permainan yang membuat Anda mampu mengingat nama orang dengan baik. Permainan-permainan seperti itu sangat cocok dilakukan ketika sedang dalam keadaan pesta yang pastinya dipenuhi oleh banyak orang. Kemampuan otak pun semakin diuji.

Aktif Mendengarkan
Biasakan untuk memerhatikan ucapan orang dengan seksama ketika sedang berbincang dengan Anda, pastikan Anda mengerti semua makna yang ingin ia bagikan. Selain itu, cara ini bisa jadi lebih menyenangkan dengan melibatkan hobi bermusik Anda.

Misalnya, dengan mendengarkan lagu-lagu dan mencoba menebak nada yang sedang dimainkan oleh musik tersebut. Wah, ternyata untuk mengasah otak bisa dilakukan dengan hal-hal yang seru ya! (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.