PortalMadura.com

Ini 4 Ketentuan Bagi Wanita yang Ingin Percantik Gigi Dalam Islam

  • Senin, 17 Oktober 2016 | 17:00
Ini 4 Ketentuan Bagi Wanita yang Ingin Percantik Gigi Dalam Islam
ilustrasi
Loading...

PortalMadura. Com – Saat ini sudah menjadi trend fashion mempercantik dan memperindah gigi, terutama kaum wanita. Misalnya, pemakaian kawat gigi atau behel. Lantas, bagaimana hukumnya dalam Islam?.

Dalam Islam, mengubah ciptaan Allah semata-mata demi terlihat cantik adalah haram hukumnya. Oleh karena itu, terdapat beberapa ketentuan dalam Islam jika ingin melakukan perubahan terhadap gigi Anda.

Berikut empat ketentuan yang perlu Anda ketahui jika ingin melakukan perubahan terhadap gigi Anda:

Memasang Gigi Palsu
Seseorang yang berada dalam keadaan terluka atau kehilangan giginya, menyebabkan sulit untuk mengunyah dan menggigit makanan. Maka dalam hal ini ia diperbolehkan memasang gigi palsu.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Berobatlah wahai hamba Allah, karena sesungguhnya Allah tidak menciptakan penyakit melainkan telah menciptakan pula obatnya, kecuali satu penyakit yaitu tua,” (HR.Ahmad, Abu Daud dan Tirmizi).

Terdapat dalam hadis, sebuah kisah yaitu kakek dari Arfajah bin As’Ad terluka pada hidungnya ketika perang: “Bahwa hidung beliau terkena senjata pada perang Al Qulam di zaman Jahiliyah, kemudian beliau tambal dengan perak, namun hidungnya malah membusuk, kemudian Rasulullah memerintahkan untuk menggunakan tambal hidung dari emas,” (HR.Abu Daud & Tirmizi).

Namun, ada sebagian orang yang memasang gigi palsu dari bahan emas. Dalam Islam hal ini tidak diperbolehkan. Misalnya, seseorang tersebut meninggal dunia dalam keadaan memasang gigi palsu emas, terdapat beberapa pendapat dalam pandangan hukum Islam itu sendiri.

Baca Juga:  Wajib Dibaca, Ini 6 Etika Bercinta Menurut Islam

Beberapa pendapat mengatakan bahwa gigi palsu tersebut ikut dikuburkan bersama jenazahnya, maka hal itu merupakan perbuatan yang mubazir atau menyia-nyiakan rezeki Allah, karena emas itu bisa saja berguna untuk orang yang masih hidup.

Sementara pendapat lain mengatakan, jika emas itu ikut dikubur maka nantinya akan mengundang kejahatan, maka lebih baik jika gigi emas itu dicabut.

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional