Ini 4 Waktu Terbaik Lakukan Meditasi Agar Merasa Santai

Avatar of PortalMadura.com
Ini 4 Waktu Terbaik Lakukan Meditasi Agar Merasa Santai
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Perawatan untuk tubuh memang perlu dilakukan. Tapi selain tubuh, jiwa juga membutuhkannya, salah satu caranya yaitu dengan . Pasalnya, melakukan meditasi bisa membantu mengendalikan kecemasan.

Sebagaimana menurut studi yang pernah dilakukan di tahun 2018, rasa cemas bisa meningkatkan risiko pengembangan kondisi kognitif, seperti penyakit Alzheimer. Jadi, meditasi memang sangat perlu dilakukan untuk melepaskan semua beban atau kecemasan dalam hidup sehari-hari.

Lantas, kapan waktu yang tepat melakukannya?. Dilansir dari fimela.com dikutip purewow.com, berikut ini adalah agar Anda bisa benar-benar merasa santai:

Di Pagi Hari
Pagi hari mungkin menjadi waktu paling populer untuk melakukan meditasi. Meditasi yang dilakukan di pagi hari hampir seperti Anda minum kopi, sangat membantu untuk memulai hari dengan tenang.

Apa yang Anda lakukan di pagi hari jelas akan berpengaruh pada sisa hari. Meditasi di pagi dapat memperbaiki suasana hati dan menjadi waktu terbaik untuk merenung.

Ketika Anda Tertekan
Ketika meditasi sudah menjadi rutinitasi harian, mungkin Anda juga akan merasakan penurunan rasa cemas. Meditasi juga bisa dilakukan ketika Anda merasa stres di tengah hari.

Duduk atau berbaringlah dengan nyaman, tutup mata, dan fokus pada napas melalui hidung atau dada. Hitung napas panjang mulai dari 12 sampai 15.

Ketika Anda melakukannya, bayangkan diri Anda berada di tempat yang menyenangkan dan aman. Di set terakhir meditasi, ingatkan diri sendiri untuk selalu berpikiran positif.

Setelah Bekerja
Tidak dapat dipungkiri bahwa pekerjaan adalah penyebab paling umum seseorang merasa stres. Inilah mengapa meditasi dipilih menjadi cara terbaik untuk meredakan stres.

Baca Juga : Lakukan 4 Meditasi Ini Saat Stres Agar Pikiran Kembali Fresh

Sore hari setelah bekerja bisa menjadi waktu terbaik untuk meditasi. Anda bisa melakukannya dengan olahraga lari. Lakukan dengan mendengarkan musik yang disukai atau sambil memfokuskan pikiran.

Jangan Meditasi Sebelum Tidur
Ini mungkin terdengar mengejutkan bagi Anda, namun sebaiknya jangan melakukan meditasi sebelum tidur. Ya, walaupun meditasi memang dilakukan untuk meningkatkan rasa tenang dan mengurangi rasa cemas, namun meditasi juga bisa meningkatkan kewaspadaan, sehingga sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.