Ini 5 Adab yang Harus Anda Lakukan Saat Perjalanan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Adab yang Harus Anda Lakukan Saat Perjalanan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian umat muslim hampir setiap hari melakukan aktivitas di luar rumah. Mulai dari bekerja, belanja, mengikuti pengajian, kuliah bahkan jalan-jalan. Aktivitas ini harus tetap mengikuti aturan dan sunah Rasulullah.

Tidak hanya sekadar keluar rumah dan melakukan perjalanan agar mendapat berkah, sebaiknya Anda tetap harus mengikuti adab dan peraturan yang ada. Apa saja?. Berikut ulasannya:

Berpamitan Sebelum Bepergian
Ketika seseorang hendak bepergian, dianjurkan untuk berpamitan kepada keluarga dan kerabat. Ibnu Abdil Barr meriwayatkan: “Jika salah seorang dari kalian keluar bersafar maka hendaklah ia berpamitan kepada saudaranya, karena Allah swt menjadikan pada doa mereka barakah.”

Makruh Bepergian Seorang Diri
Islam menyerukan kepada pemeluknya untuk senantiasa berjamaah. Begitu pula ketika melakukan perjalanan, hendaknya memilih teman perjalanan janganlah bepergian seorang diri.

Adapun Rasulullah melarang seseorang untuk bepergian sendiri dalam sabdanya: “Andaikata manusia mengetahui apa (bahaya) kesendirian sebagaimana yang kuketahui, niscaya tidak ada seorang pengendara pun yang akan berjalan di malam hari dalam keadaan seorang diri. ” [HR. Al-Bukhoriy (no. 2998)]

Menunjuk Seorang Pemimpin dalam Perjalanan
Jika hendak bepergian hendaknya kita memilih seorang pemimpin untuk memimpin dan mengurus segala urusan dalam perjalanan. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah:

“Apabila ada tiga orang yang keluar dalam sebuah perjalanan, maka hendaklah mereka menunjuk salah satu dari mereka menjadi amir(ketua rombongan).”[HR. Abu Dawud (2608). Hadits ini di-hasan-kan oleh Syaikh Al-Albaniy dalam Ash-Shohihah (no. 1322)]

Membaca Doa Sebelum Bepergian dan Memperbanyak Doa di Perjalanan
Sebelum melakukan perjalanan, hendaknyaberdoa agar tetap dalam lindungan Allah sampai kembali ke rumah. Dan perbanyaklah doa dalam perjalanan sebagaimana yang telah disunnahkan Rasulullah.

“Tiga jenis doa yang dikabulkan dan tidak diragukan lagi, (yaitu) doa orang yang dizhalimi, doa orang yang bepergian dan orang tua (ayah) yang mendoakan (kejelekan) atas anaknya.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Salat Sunnah Dua Rakaat Sebelum Mendatangi Tempat yang Dituju
Sebagaimana dalam dalam hadits Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu ia berkata: “Aku pernah bepergian bersama Rasulullah . Ketika kami telah tiba di kota Madinah, beliau berkata kepadaku: “Masuklah masjid dan salatlah dua raka’at.” [HR. Al-Bukhari no. 3087]. (ummi-online.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.