Ini 5 Fadilah Hafal Asmaul Husna yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Fadilah Hafal Asmaul Husna yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan 99 nama yang dimiliki Allah SWT. Sebagai seorang muslim yang beriman pasti mengetahui hal ini, apalagi sampai menghafalnya. Karena dengan menghafal asmaul husna akan berdampak baik bagi kehidupan sehari-hari.

Bahkan ada sabda Rasululluh mengenai keutamaan menghafal asmaul husna bagi kehidupan manusia. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT. memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghitung atau menghafalnya, maka ia masuk surga.” (HR. Bukhari).

Asmaul husna ada agar umat muslim mengetahui dan paham akan kekuasaan Allah. Hal ini disebutkan dalam firman Allah dalam surat Al-A'raaf ayat 180 yang berbunyi: “Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (Qs Al-A'raaf ayat 180).

Dengan membaca dan memahaminya, niscaya Anda akan mendapatkan faedah dan berkah dari bacaan tersebut. Anda juga akan senantiasa mendapatkan kebaikan dan perlindungan dari Allah Ta'ala. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak umat muslim yang setiap hari melantunkan nama-nama indah ini.

Setelah mengetahui keutamaan 99 nama Allah, berikut ini beberapa faedah menghafal dan membaca asmaul husna:

Membuka Pintu Rezeki
Selain berusaha, bersedekah, dan dibantu dengan melaksanakan sholat Dhuha, Anda akan dibantu pula dalam mencari rezeki dengan cara membaca asmaul husna. Dalam asmaul husna, ada beberapa nama yang menunjukkan bahwa Allah Maha Kaya. Jika dibaca secara rutin, niscaya pintu rezeki Anda akan terbuka, yaitu Al-Mughni, Al-Ghaniyyu, dan lainnya.

Mendapat Ampunan
Sebagai manusia, pastinya hampir setiap hari Anda melakukan dosa, baik disengaja maupun tidak. Oleh karena itu, diwajibkan bagi semua umat muslim untuk meminta ampun kepada Allah. Dengan membaca asmaul husna secara rutin, insyaallah dosa-dosa yang pernah diperbuat akan diampuni oleh Allah, seperti salah satu nama-Nya, yaitu Al-Affuwu yang berarti Maha Pemberi Ampunan.

Mencerdaskan Otak
Asmaul husna merupakan salah satu nutrisi yang baik bagi otak, baik dalam menjaga kesehatan otak maupun menyeimbangkan otak kanan dan kiri. Dalam 99 nama-Nya, ada beberapa nama yang membahas mengenai kecerdasan dan kepintaran, antara lain ialah Al-Hakim, Al-Alliyu, dan Al-Ilmu.

Menghindari dari Sifat Lupa
Lupa merupakan sesuatu hal yang wajar bagi manusia. Tapi, Anda bisa mencegah sifat lupa ini dengan cara membaca asmaul husna secara rutin. Insyaallah hal ini akan menghindari dari sifat lupa. Terbukti dengan adanya nama Allah yang menjaga dari sifat lupa, yaitu Ar-Rahman.

Mengendalikan Nafsu
Allah membekali manusia dengan adanya akal dan nafsu. Tapi, jika berbicara mengenai nafsu, seringkali cenderung dengan hal-hal negatif. Oleh karena itu, Anda dapat mengendalikan nafsu dengan cara ampuh, yaitu melantukan asmaul husna. Ada beberapa nama yang bila dibaca terus menerus akan mampu mengontrol hawa nafsu, antara lain ialah Al-Mumit dan Al-Muhshi.

Demikianlah beberapa faedah yang didapat ketika membaca dan menghafal asmaul husna. Bacalah dan lantunkanlah asmaul husna di mana pun dan kapan pun. Tetapi, alangkah baiknya jika melakukan hal ini dalam keadaan suci, seperti ketika sehabis sholat, membaca Al-Quran, dan sebagainya. (ummi-online.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.