Ini 5 Penyakit yang Akan Menyerang Jika Anda Tak Jaga Kesehatan Kuku Kaki

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Penyakit yang Akan Menyerang Jika Anda Tak Jaga Kesehatan Kuku Kaki
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu bagian tubuh yang juga harus dijaga kebersihannya yaitu kaki. Karena bagian paling bawah dari tubuh ini rentan kotor. Kadang meskipun memakai alas kaki seperti sepatu namun berkeringat sehingga menyebabkan bau dan menjadi sarang kuman.

Oleh karena itu, kaki menjadi salah satu bagian penting untuk dirawat dan rutin dibersihkan. Namun, beberapa masalah yang muncul pada kaki dapat diobati. Dan ini lima masalah yang dapat terjadi pada kaki dan cara penanganannya:

Kuku Tumbuh di Dalam Kulit
Saat kuku tumbuh di dalam kulit, hal ini dapat menyebabkan kemerahan dan ketidaknyaman. Salah faktor utamanya adalah pemotongan kuku yang tidak benar. Untuk menghindarinya, selalu potong kuku sedikit membulat namun jangan sampai terlalu turun ke sudut.

Cara penanganannya, cukup rendam dalam air hangat yang telah dicampur dengan garam epsom selama 10 menit. Oleskan juga salep antibiotik seperti Neosporin dua kali dalam sehari.

Kuku Menebal dan Berubah Warna
Jika sangat tebal, kotor, dan menyebabkan Anda sakit, kemungkinan besar Anda terkena jamur kuku. Namun, kabar baiknya jamur ini tidak akan mengancam dan menyebar ke anggota tubuh lainnya. Penangannananya dengan menyemprotkan beberapa semprotan anti jamur di sepatu dan kaki agar tidak menyebabkan yang lebih serius.

Kuku Kaki Menghitam
Penyakit ini bisa diderita oleh para penari, pelari,dan mereka yang sering melompat. Cara penanganan penyakit ini adalah dengan mengoleskan salep antibiotik atau dicabut keseluruhan kuku. Jika muncul tonjolan yang berisi cairan bisa dengan ditusuk jarum yang telah disterilkan untuk mengeluarkan cairan tersebut. Kuku yang dicabut akan tumbuh dalam waktu enam sampai sembilan bulan.

Tumbuh Daging di Kuku
Kuku yang ditumbuhi daging sering disebut dengan kutil plantar. Virus ini mudah menyebar jika seseorang melakukan kontak fisik dengan orang yang sudah terinfeksi. Namun sayangnya, kebanyakan kutil yang diobati tidak merespon dengan baik pengobatan OTC. Vitamin A dapat membantu lebih cepat pengurangan dampak dari virus sedangkan seng membantu tubuh dalam menjaga kekebalan tubuh.

Retak dan Kaki Berdarah
Penyakit ini adalah infeksi jamur yang bisa menyebabkan kaki menjadi merah, terkelupas, dan mengalami pendarahan. Biasanya penyakit ini dialami oleh para atlet disebut penyakit kaki atlet. Namun untungnya, kaki atlet ini merespon dengan baik pengobatan dengan krim topikal dan lotion.

Jika Anda menderita penyakit ini, cukup diobati dengan rutin oleskan krim jamur satu atau dua kali sehari dalam sebulan. Selain itu disarankan untuk menyemprotkan antiperspirant ke kaki dan keringkan sebelum mengenakan kaus kaki. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.