Ini 5 Fakta Kesehatan tentang Puting Payudara yang perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Fakta Kesehatan tentang Puting Payudara yang perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Wanita mempunyai beberapa bagian tubuh sensitif, salah satunya . Namun, mungkin Anda tidak begitu tahu hal-hal mengenai area itu. Padahal jika dikenali lebih dalam dari sinilah Anda bisa tahu tentang Anda.

Selama tidak ada perubahan yang dirasakan pada puting payudara, Anda tidak perlu khawatir. Tapi jika ada perubahan, apalagi jika perubahan hanya terjadi pada salah satu puting, entah bengkak, timbul benjolan atau lainnya, bisa jadi itu tanda infeksi atau kanker. Segera periksakan ke dokter.

Bentuknya Tidak Sama
Seperti halnya payudara, puting kanan dan kiri bentuknya juga tidak sama. Coba perhatikan, entah itu ukuran, bentuk atau warnanya, kemungkinan tidak sama persis. Spesialis kanker payudara Nikita Shah, MD, mengatakan bahwa hal ini normal.

Bisa Menonjol atau Masuk Ke Dalam
Puting payudara ada yang menonjol, bahkan jika tidak dirangsang. Ada juga yang bersembunyi dan masuk ke dalam, bahkan jika Anda memakai kaus, seakan tidak punya puting, karena tampak mulus. Dan hal ini sangat wajar dan normal.

Besarnya Areola Bisa Bervariasi
Ada yang punya areola (bagian gelap di sekitar puting) lebar dan ada yang kecil. Tidak ada yang salah dengan hal ini, karena ukuran lebar areola tiap wanita bisa berbeda-beda. Bahkan warnanya bisa berbeda, mulai dari yang pink, hampir sama warnanya dengan kulit hingga cokelat gelap.

Benjolan Kecil-kecil di Sekitar Areola Punya Kegunaan
Mungkin Anda khawatir melihat ada benjolan kecil-kecil atau tidak rata pada areola. Tapi jangan khawatir, karena benjolan kecil-kecil yang disebut Montgomery tubercles itu sebenarnya punya maksud. Saat Anda hamil dan menyusui, bagian ini akan membantu mengeluarkan minyak mencegah puting dan areola kering dan pecah-pecah. Minyak ini juga punya sifat antibakteri, membantu menjaga area puting tetap higienis untuk dihisap bayi.

Rambut di Puting Payudara itu Normal
Beberapa wanita melihat ada satu dua rambut tumbuh di area areola, dan sebenarnya hal ini sangat alami. Tapi jika rambut di area ini banyak dan tumbuh tidak terkendali, sebaiknya periksakan ke dokter, karena kemungkinan Anda mengalami hormon yang tidak seimbang. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.