Ini 5 Hal yang Dapat Melemahkan Setan dan Jin

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Hal yang Dapat Melemahkan Setan dan Jin
ilustrasi

PortalMadura.Com dan merupakan makhluk Allah SWT yang ingkar kepada-Nya. Mereka tidak akan pernah ada henti-hentinya menggoda manusia agar bisa terjerumus dalam lembah dosa dan berakhir di neraka.

Makhluk tersebut digambarkan memiliki kekuatan yang besar untuk menumbangkan keimanan seseorang. Meski terlihat begitu kuat, namun hakikatnya setan dan tipu dayanya bersifat lemah. Hal itu disebutkan dalam Alquran dan hadis-hadis yang diriwayatkan Rasulullah. Dengan mengetahui kelemahan mereka, manusia diharapkan bisa menjauhkan dari godaan setan dan jin.

Berikut lima hal yang dapat melemahkan setan dan jin:

Orang-Orang Saleh
Kelemahan pertama setan adalah orang-orang saleh yang beriman kepada Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam Alquran ketika setan berdialog dengan Allah SWT yang artinya: “Iblis berkata: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis (saleh) di antara mereka” (QS. Al- Hijr 15: 39-40).

Ahli tafsir mengatakan, ayat tersebut menerangkan bahwa setan itu dapat menguasai manusia karena dosa-dosa yang dilakukan. Namun, ketika manusia melakukan hal-hal yang baik dan beramal saleh, maka mereka akan takut dan dengan sendirinya meninggalkan manusia.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.