Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Ganti Ban Motor

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Ganti Ban Motor
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ban luar merupakan komponen motor yang langsung bersentuhan dengan aspal atau tanah. Oleh karena itu, untuk menggunakan atau jika ingin menggantinya perlu memperhatikan beberapa aspek yang salah satunya harga dan kualitas.

Karena pemilihan ban motor yang salah bisa menyebabkan kecelakaan seperti selip atau ban tiba-tiba pecah. Sehingga ban luar pada sepeda motor memegang peranan penting untuk keselamatan di jalan. Namun, Anda tidak perlu khawatir untuk memilih yang aman, ini caranya:

Kenali Merek Ban Yang Dapat Dipercaya
Walaupun banyak produsen mengatakan bahwa merek ban luar buatannya mempunyai kualitas yang terbaik. Kepercayaan terhadap suatu merek tidak bisa dimanipulasi.

Jadi, cara mudah untuk menentukan apa merek ban motor yang bagus yaitu menonton event kejuaraan motor, baik di skala nasional maupun skala Internasional.

Fokus Pada Kebutuhan Pengendara
Banyak sekali variasi ban luar motor yang dijual di pasaran. Dari beragam pilihan tersebut, pemilik kendaraan harus menentukan terlebih dulu untuk apa ban digunakan.

Jika tipe ban luar yang dipakai tidak sesuai dengan fungsinya, maka motor tidak akan terasa nyaman dan penggunaan bahan bakar akan menjadi lebih boros.

Perhatikan Kondisi Jalan yang Dilalui
Apabila terbiasa melalui jalan di area kota yang kondisinya kering, pilih ban yang mempunyai daya cengkeram bagus untuk jalan kering.

Sebaliknya, apabila kalian sering melalui jalan dengan curah hujan tinggi, maka lebih baik apabila kalian menggunakan ban khusus untuk jalanan basah dan berdaya cengkeram bagus.

Namun, apabila kalian melintasi jalan yang tidak rata dan belum diaspal, maka sebaiknya kalian menggunakan ban tipe off-road.

Ukuran Ban dan Pelek Sesuai
Ukuran ban yang kalian pilih harus sesuai dengan ukuran pelek sepeda motor yang dimiliki. Jika salah, maka daya cengkeram ban selama perjalanan akan berkurang.

Contoh yang salah yaitu memasang ban 130/70 jika standar yang dikeluarkan dari pabrik yaitu 90/90. Boleh meningkatkan ukuran ban asalkan upsize yang diambil tidak lebih dari dua tingkat ukuran

Lihat Tanggal Pembuatan Ban
Semua produk ban motor memiliki waktu produksi dan dari tanda tersebut pemilik kendaraan akan mengetahui mutu ban motor. Jadi pemilihan ban motor baru berdasarkan tanggal produksinya penting diperhatikan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.