oleh

Ini 5 Kebiasaan di Pagi Hari Bikin Badan Anda Gemuk

PortalMadura.Com – Terkadang walau sudah melakukan pantangan-pantangan untuk mendapatkan tubuh yang ideal, seperti menahan diri untuk memakan gorengan, es krim, dan makanan yang mengandung kalori lainnya, angka timbangan tetap saja tidak berubah bahkan bertambah.

Ternyata sering kali kita tidak menyadari bahwa hal-hal kecil yang kita lakukan memicu bertambahnya berat badan. Salah satunya adalah kebiasaan yang kita lakukan di pagi hari.

Susan Peirce Thompson, PhDm, Presiden Institute for Suistainable Weight Loss, mengatakan bahwa kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat mencoba menurunkan berat badan sering kali dimulai saat mereka bangun di pagi hari.

Berikut adalah kebiasaan di pagi hari yang dapat membuat berat badan bertambah

1. Terlalu Banyak Tidur

Kita pernah mendengar bahwa kurang tidur dapat menyebabkan berat badan bertambah. Hal tersebut terjadi karena meningkatnya hormon kortisol yang merangsang nafsu makan. Tetapi tahukah Anda ternyata terlalu banyak tidur juga berdampak negatif.

Riset dalam jurnal PLOS One menemukan fakta bahwa tidur lebih dari 10 jam semalam berisiko meningkatkan indeks massa tubuh. Durasi tidur yang dianjurkan adalah 7-9 jam setiap hari.

2. Membiarkan Kamar Tidur Tetap Gelap

Membiarkan tirai jendela tetap tertutup di pagi hari hari ternyata dapat menambah berat badan. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya sinar matahari yang masuk.

Mengutip dari berbagai sumber, sinar matahari juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, orang yang mendapat sinar matahari di pagi hari memiliki indeks massa tubuh yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak, terlepas dari seberapa banyak mereka makan.

Menurut penelitian, hanya 20-30 menit berjemur di bawah sinar matahari cukup berdampak pada penurunan indeks massa tubuh. Hal ini karena tubuh menyesuaikan jam internal Anda termasuk metabolisme menggunakan gelombang cahaya biru dari matahari pagi sebagai panduan.

3. Tidak Menata Tempat Tidur

Tidak menata tempat tidur mungkin merupakan hal yang sepele. Survei National Sleep Foundation menunjukkan bahwa menata tempat tidur membuat 19 persen tidur Anda lebih nyenyak dibandingkan mereka yang tidak. Tidur nyenyak membuat indeks massa tubuh menjadi lebih rendah.

Penelitian juga menujukkan bahwa kebiasaan menata tempat tidur di pagi hari dapat merangsang perilaku baik lainya, seperti menyiapkan makanan yang sehat.

4. Malas Menimbang

Riset dari Cornell University menemukan fakta bahwa mereka yang menimbang berat badannya setiap hari lebih sukses menurunkan berat badannya daripada mereka yang tidak.

Dan menimbang berat badan terbaik dilakukan pada saat pagi hari. Menimbang berat badan di pagi hari hasilnya lebih akurat karena setelah metabolisme di malam hari, berat badan akan berkurang. Anda juga bisa melakukan penyesuaian jika berat badan lebih tinggi dari yang diharapkan.

5. Melewatkan Sarapan

Penelitian dari Tel Aviv University menunjukkan bahwa pelaku diet rendah kalori yang sarapan dengan gizi seimbang yang mengandung 600 kalori protein tanpa lemak, karbohidrat, dan sedikit gula, akan merasa kenyang lebih lama dan nafsu makan lebih berkurang dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dengan 300 kalori.

Orang yang rutin sarapan juga memiliki kadar hormon ghrelin atau perangsang nafsu makan lebih rendah setelah mengkonsumsi sarapan. Dengan kata lain, jika kita sarapan dengan menu sehat, kita cenderung tidak akan kalap saat makan siang.(kompas.com/Nanik)

Komentar