oleh

Ini 5 Tanda Lambatnya Metabolisme Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Kemampuan metabolisme tubuh akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Padahal metabolisme punya peranan penting pada kemampuan tubuh dalam mengolah makanan yang dikonsumsi untuk dijadikan energi. Oleh karena itu semakin tua, upaya untuk menurunkan berat badan tidak semudah di usia muda.

Ternyata ada cara untuk medeteksi lambat atau tidaknya metabolisme tubuh yaitu dengan cara mendatangi dokter untuk cek metabolisme. Namun, di kalangan masyarakat hal itu tidak lazim dilakukan. Sehingga Anda dapat mengenali tanda-tanda melambatnya metabolisme melalui sinyal yang dikirim tubuh. Penasaran?.

Berikut ulasannya:

Cepat Lelah
Banyak hal bisa membuat Anda merasa lelah, termasuk faktor seperti tidak cukup tidur, bekerja terlalu keras. “Tapi jika Anda sering merasa lelah, itu bisa menjadi pertanda bahwa metabolisme Anda sedikit lebih lambat, karena tubuh Anda tidak ‘memasak’ asupan makanan, supaya menjadi sumber energi,” kata Lisa Moskovitz, RD dan CEO NY Nutrition.

Kulit dan Rambut Cepat Kering
“Bila metabolisme Anda tidak bekerja dengan baik, tubuh Anda tidak segera memproduksi sel baru untuk menggantikan sel lama yang telah rusak, yang di antara fungsinya untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut Anda,” kata Keatley.

Berat Badan Bertambah Meski Sudah Makan dengan Benar
Sekali lagi, seiring bertambah usia, semakin sulit mempertahankan berat badan. Meski Anda tidak mengubah pola makan, metabolisme yang melambat mengakibatkan kenaikan bobot tubuh.

Kedinginan Sepanjang Waktu
“Metabolisme juga membantu menghasilkan panas tubuh, dan jika ia lambat, Anda akan lebih dingin,” kata Keatley.

Super Moody
Suasana hati yang berubah memang bukan semata diakibatkan metabolisme, tapi adakalanya metabolisme yang tidak maksimal berakibat Anda merasa murung.

Tes Metabolisme
Ada beberapa tes yang bisa dilakukan dokter untuk membantu Anda mengetahui apa yang sedang terjadi pada sistem metabolisme tubuh. Cara termudah adalah melakukan tes kalorimetri. Tes ini dilakukan dengan memodifikasi makanan Anda selama sehari dan beristirahat sambil mengenakan masker. Banyak pakar nutrisi dan ahli diet memiliki kemampuan tersebut.

Cara lain adalah meminta dokter atau ahli endokrin memeriksa panel tiroid, tes darah yang bisa mengatasi defisiensi.

Jika Anda menduga metabolisme Anda bermasalah, sebaiknya jangan berdiam diri. Temui dokter dan katakan tentang itu. Mungkin ada sesuatu yang bisa mereka lakukan untuk membantu. (viva.co.id/Desy)


Komentar