Ini 5 Tempat yang Bisa Anda Datangi Jika Ingin Bertemu Nyi Roro Kidul

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Tempat yang Bisa Anda Datangi Jika Ingin Bertemu Nyi Roro Kidul
ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan sosok yang dipercaya sebagai penguasa atau ratu pantai selatan. Bukan hanya terkenal karena kecantikannya, tapi juga bisa mendatangkan kekayaan bagi siapa saja yang bisa memenuhi syarat yang diberikan.

Sebagian orang ada yang sudah sangat mengenal sosok Nyi Roro Kidul, mengenai apa warna kesukaannya bahkan tinggalnya. Bagi mereka yang percaya, biasanya melakukan ritual-ritual khusus dengan tujuan tertentu.

Bahkan mereka juga mengetahui tempat-tempat Nyi Roro Kidul selain di pantai selatan. Nah, jika Anda berniat ingin bertemu dengannya dan berani mencoba. Berikut lima tempat yang biasa didatangi ratu pantai selatan ini:

Hotel Inna Samudera
Berada di kawasan Pelabuhan Ratu, tempat ini dipercaya sebagai salah satu tempat terkenal untuk bisa bertemu dengan sosok Nyi Roro Kidul. Hotel Inna Samudera ini memiliki daya tarik berbau mistis, menurut mitos, Nyi Roro Kidul sering hadir dan beristirahat di kamar 308.

Meski begitu, kamar tersebut justru yang menjadi incaran para pelancong untuk menginap di hotel tersebut. Tujuannya adalah untuk mencari ilmu dan bersemedi.

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis dipercaya sebagai gerbang untuk memasuki kerajaan ratu pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Masyarakat setempat juga percaya bahwa Nyi Roro Kidul sangat suka dengan warna hijau, oleh karena itu mereka percaya bahwa warna hijau adalah warna yang pantang digunakan ketika berkunjung ke pantai tersebut.

Karena, pengunjung yang menggunakan pakaian warna hijau akan dijadikan pelayan oleh Nyi Roro Kidul. Dan pada malam 1 Suro, masyarakat setempat biasanya akan melarung sesajian di sekitar pantai. Itu dilakukan sebagai bentuk rasa hormat terhadap sang penguasa lautan.

Kraton Surakarta Hadiningrat
Jika Anda berkunjung ke Solo, tidak ada salahnya untuk mampir ke Kraton Surakarta Hadiningrat atau Kraton Kasunanan Surakarta. Menawarkan arsitektur dengan sentuhan Eropa, Kraton Surakarta memiliki sejuta pesona yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu hal menarik yang bisa Anda temukan di kraton tersebut adalah kisah mistis tentang panggung Sangga Buwana yang ada di area kraton ini.

Konon, panggung itu menjadi tempat bercengkerama antara sultan Surakarta dengan Kanjeng Ratu. Menurut legenda yang sudah diceritakan turun-temurun di kraton tersebut, sang ratu akan hadir dalam sosok wanita muda nan cantik. Namun, lambat-laun wajahnya yang cantik itu memudar dan jadi buruk rupa.

Pantai Karang Hawu
Tidak kalah mistis, Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Jawa Barat, juga disebut sebagai tempat untuk bertemu Nyi Roro Kidul. Di sekitar pantai ini, Anda juga bisa mengunjungi sebuah hotel yang menawarkan sebuah kamar yang dipercaya sebagai tempat istirahat sang ratu.

Pantai Karang Hawu adalah salah satu spot yang diyakini sebagai tempat bermukimnya Kanjeng Ratu. Hal itu membuat banyak peziarah datang ke sini dan melakukan ritual ‘mandi suci' di tepi batu karang.

Pantai Sembukan
Ada satu lagi pantai yang diyakini menjadi pintu gerbang untuk bertemu sang penguasa pantai selatan, yakni Pantai Sembukan. Lokasi dari pantai ini berada di ujung Wonogiri, Jawa Tengah. Selain menawarkan pesona alam yang menakjubkan, pantai ini memiliki aura mistis yang cukup kuat. Ini karena banyak tokoh-tokoh spiritual yang rutin datang ke Sembukan untuk melakukan ritual gaib.

Mitosnya, pantai Sembukan juga dianggap sebagai pintu ke-13 untuk bertemu dengan Sang . Konon tempat ini dulunya juga sering digunakan oleh raja-raja Kasunanan Surakarta untuk bertemu dengan Kanjeng Ratu. Pada malam satu Suro, semua orang di Keraton Surakarta akan datang ke pantai ini untuk membawa sesajen. Sesajen itu menjadi simbol rasa hormat yang mereka tujukan kepada sang penguasa lautan. (makintau.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.