Ini 5 Tradisi Unik Warga Tionghoa Jelang Perayaan Imlek

Avatar of PortalMadura.Com
tradisi-imlek
Tradisi Unik Warga Tionghoa Jelang Perayaan Imlek

PortalMadura.Com – Imlek atau tahun baru cina pasti tidak lepas dari tradisi-tradisi tertentu. Tradisi ini sudah berlangsung sekian lama dan turun-temurun dilakukan .

Biasanya, menjelang masyarakat Tionghoa melakukan persiapan. Bahkan, ada beberapa tradisi unik yang biasa dilakukan masyarakat Tionghoa menjelang Imlek, selain tentunya kue imlek yang menjadi suguhan wajib saat imlek.

Berikut lima tradisi unik warga Tionghoa sebelum perayaan imlek:

Bersih-bersih Rumah
Masyarakat Tionghoa biasanya akan berbenah jelang imlek. Beberapa kebiasaan yang dilakukan, antara lain bersih-bersih rumah pada H-1 Imlek dengan harapan bisa membersihkan diri dari nasib yang buruk di tahun yang baru.

Menyiapkan Makanan Manis
Selain berbenah, masyarakat Tionghoa juga akan menyiapkan panganan manis sebelum tahun baru tiba. Mereka percaya para Dewa akan mengunjungi mereka sebelum pergantian tahun.

Camilan manis ini dimaksudkan sebagai suguhan untuk mempermanis mulut dewa dan memastikan Anda akan diberi keberkahan di tahun yang baru.

Berkumpul dengan Keluarga
Pada malam tahun baru atau H-1 Imlek, masyarakat Tionghoa biasanya akan berkumpul bersama keluarga mereka. Hal ini mereka lakukan untuk bersatu menyambut tahun baru, dengan harapan keluarga akan selalu dilindungi dan dihindarkan dari risiko perpecahan.

Menghias Rumah dengan Aksen Merah
Mereka juga akan menghias rumah dengan aksen atau serba warna merah. Begitu pula dengan pakaian yang mereka kenakan, biasanya akan didominasi dengan warna merah. Menurut kepercayaan mereka, warna merah merupakan simbol kemakmuran.

Tidak Keramas
Menurut tradisi, masyarakat Tionghoa harus menghindari mencuci rambut mereka saat hari-hari pertama tahun baru. Melakukan hal ini diyakini dapat menyapu keberuntungan mereka di tahun yang baru. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.