oleh

Ini 5 Trik Cerdas Bikin Anak Jadi Mudah Tidur saat Libur Panjang

PortalMadura.Com – Menjelang akhir tahun hingga awal tahun merupakan waktu anak-anak usia sekolah menikmati libur panjangnya. Akibatnya, beberapa rutinitas harian mereka seperti tidur akan terganggu akibat aktivitas bermain yang tidak kenal waktu.

Maka dari itu, daripada Anda kerepotan memperbaiki jadwal tidur anak yang terlanjur acak-acakan. Lebih baik Anda melakukan beberapa cara yang akan membantu Anda menggiring anak ke pintu kamar masing-masing secara lebih mudah.

Berikut lima cara bikin anak jadi mudah tidur saat libur panjang:

Luangkan Waktu Siang untuk Olahraga
Selain memiliki manfaat kesehatan yang nyata, olahraga teratur juga bisa membantu anak menjadi lebih lelah dan memastikan mereka mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Sebagai bonus, peneliti menemukan fakta bahwa anak yang tidur lebih cepat juga cenderung akan tidur lebih lama.

Makan Tepat Waktu
Makan malam yang terlalu berat di waktu yang terlalu larut juga akan membuat jam tubuh anak terganggu. Nantinya, hal tersebut dapat mendorong waktu tidur mereka menjadi lebih larut lagi.

Hal itupun bukan masalah satu-satunya, karena makan terlalu larut juga membuat seseorang menjadi gemuk dan mengalami obesitas. Jadi, makan pada waktu yang tepat dengan makanan yang tepat pula. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan manis atau berlemak seperti cokelat atau keju sebelum tidur.

Loading...

Matikan Segala Macam Teknologi
Beberapa penelitian telah menghubungkan penggunaan teknologi sebelum tidur dengan tingkat kewaspadaan yang meninggi hingga membuat seseorang kesulitan tidur.

Mengapa demikian?. Ternyata, setiap seseorang melihat layar terang selama 1.5 jam, maka produksi hormon melatonin-nya akan berkurang. Hormon tersebutlah yang bisa membuat seseorang merasa mengantuk.

Orangtua juga harus mau melepaskan penggunaan gadget sebelum tidur dan mengganti aktivitas malam dengan hal-hal lain seperti membaca dongeng dengan buku atau bahkan menggambar.

Tetapkan Waktu Tidur
Anak yang kurang tidur cenderung memiliki masalah hiperaktif, masalah interaksi dengan teman sebaya, masalah emosional hingga masalah perilaku. Meski setiap anak berbeda, namun menetapkan waktu tidur berdasarkan kebiasaan dan bertahan selama masa libur sekolah, merupakan langkah awal yang ideal.

Perhatikan Penerangan Kamar
Semua orang memiliki jam tubuh internal yang berbeda-beda, tapi anak lebih cenderung bangun pagi dan memiliki waktu tidur malam yang lebih cepat. Apabila seorang anak tidur terlalu lama atau bangun terlalu pagi, coba perhatikan cahaya matahari yang masuk ke kamarnya.

Maka dari itu, cahaya yang kurang menembus dan masuk ke kamar dapat membingungkan jam tubuh anak Anda. Bukalah tirai saat pagi untuk membangunkan anak serta biasakan mereka sarapan di luar ruangan. (suara.com/Salimah)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar