Ini 6 Suku di Indonesia yang Punya Kisah Mistis Mengerikan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 6 Suku di Indonesia yang Punya Kisah Mistis Mengerikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Beragam suku yang tersebar di seluruh Indonesia menjadikan keanekaragaman budaya Negeri ini. Dari Sabang sampai Merauke tersebar suku yang masih menganut kepercayaan leluhur.

Bahkan ada beberapa suku yang mempunyai cerita serta dipercaya dalam hal-hal gaib. Suku apa saja itu?. Berikut enam suku yang memiliki cerita mistik paling kuat di Indonesia:

Suku Dayak Kalimantan
Tentunya kalian sudah pernah mendengar tentang minyak buluh perindu. Buluh perindu ini merupakan ilmu mistis yang dimiliki oleh suku Dayak Kalimantan yang biasa digunakan untuk menarik jodoh.

Tidak hanya itu, Suku Dayak juga memiliki ilmu kekebalan tubuh saat perang yang kuat serta mandau yang dapat terbang untuk mencari lawan.

Suku ini terkenal dengan kekuatan mistik yang berasal dari senjata perang yang mereka miliki seperti mandau, lunju, sipet dan peyang.

Suku Batak Sumatera Barat
Cerita mistik yang paling terkenak pada Suku Bata adalah “Begu Panjang” yang berarti setan yang berukuran sangat panjang. Begu Panjang ini dipelihara oleh orang-orang tertentu yang disebut Par Begu Panjang.

Seorang Par Begu Panjang ini sangat ditakuti dan dibenci masyarakat karena dianggap memelihara setan pencabut nyawa.

Kekuatan mistik yang dimilki suku Batak ini diakui oleh dunia, bahkan salah satu keturunan dari suku Batak yang bernama Prof Sorimangaraja Sitanggang dinobatkan sebagai Ketua Paranormal Sedunia di Jerman pada tahun 2006 yang lalu.

Suku Baduy Banten
Suku ini sering disebut juga sebagai Urang Kanekes yakni adat sub etnis Sunda yang masih menjaga kelestarian tradisi dan laangan adat.

Suku ini terbilang suku yang terbelakang dan buta huruf karena masyarakat yang terdapat di suku ini tidak menyekolahkan anak anak mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Walaupun memiliki taraf pendidikan yang rendah, namun suku Baduy mempunyai pengetahuan mistis yang kuat seperti tradisi

Debus, meramal tentang masa depat, ilmu guna-guna serta ilmu kebal senjata.

Karena kekuatan mistis ini, banyak orang-orang dari luar yang berguru ilmu ini kepada suku Baduy.

Suku Asmat Papua
Suku ini sangat menghormati hutan rimba dan mahluk-mahluk yang menhuni didalamnya.

Maka tidak heran jika ingin menebang pohon sagu, berburu atau mencari ikan, mereka kerjakan dengan melakukan perhitungan terlebih dahulu.

Suku Badui mempercayai bahwa suku ini berasal dari dunia gaib, tempat tinggal 3 jenis roh yakni roh yang baik, roh jahat dan roh jahat yang bisa mati.

Suku Asmat juga mampu menerawang barang yang hilang serta mengundang hujan, angin dan halilintar.

Untuk melindungi keluarga yang masih hidup dari peperangan, bencana dan penyakit, suku ini menadakan pesta yaitu pesta ulat sagu, pesta topeng dan pesta perahu serta pesta patung bis.

Suku Kajang Amma Toa Sulawesi
Suku ini memiliki ilmu kebal senjata tajam, guna-guna, santet dan pelet. Walaupun sudah memeluk agama Islam, Suku ini tidak bisa lepas dari praktik animisme dan hal yang berbau mistis.

Karena kemampuan ilmu gaib dan pengetahuan mistis yang tinggi, tidak heran jika Suku ini menjadi salah satu suku yang disegani di Indonesia.

Suku Gayo Aceh Tengah
Suku Gayo memiliki kedekatan dengan Suku Batak sehingga sering disebut sebagai pecahan suku Batak atau “Batak 27”.

Namun, suku ini tidak terlalu memperdulikan penggunaan marga, hanya keluarga yang menganut fanatik suku saja yang masih menggunakannya.

Tidak seperti Suku Batak yang lebih mengutamakan anak laki-laki, suku Gayo menganggap anak perempuan dan laki-laki memiliki kesetaraan yang sama.

Kekuatan mistik dan perdukunan sangat kental dimiliki oleh masyarakat yang dipicu oleh faktor kecemburuan sosial, walaupun begitu masyarakat ini sudah banyak yang memeluk agama Islam. (tribunnews.com/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.