Ini 7 Kisah Sosok Hantu Legenda di Tanah Borneo “Kalimantan”, Berani Baca?

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 7 Kisah Sosok Hantu Legenda di Tanah Borneo “Kalimantan”, Berani Baca?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Makhluk gaib masih menjadi misteri bagi sebagian orang. Meskipun cerita tentang makhluk tidak kasat mata itu sudah turun-temurun dari zaman nenek moyang dahulu, namun kepercayaan masyarakat atas adanya masih sering di perdebatkan sampai saat ini.

Bahkan, di beberapa daerah misteri adanya hantu masih melegenda. Salah satunya yaitu daerah Kalimatan. Pulau yang berhubungan langsung dengan Malaysia tersebut ternyata memiliki beberapa hantu legendaris. Umumnya, penggambaran sosok hantu serta kisahnya berbeda-beda.

Penasaran seperti apa hantu legenda di ?. Berikut kisahnya:

Kuntilanak
Hantu yang sangat khas dengan baju putih, rambut panjang plus dengan suara yang menyeramkan ini termasuk hantu legendaris. Hantu kuntilanak pun di percaya menjadi dasar penamaan Kota Pontianak di Kalimantan Barat. Bahkan menurut kisah legendanya di kota tersebut merupakan sarang hantu ini.

Kuyang
Kuyang merupakan makhluk gaib yang juga menjadi legenda mistis di Kalimantan. Sosok makhluk gaib ini dipercaya bukan seperti sosok hantu pada umumnya, namun makhluk gaib ini konon merupakan seorang manusia yang mendalami ilmu hitam. Dengan wujudnya yang hanya kepala dan organ dalam perut tanpa anggota tubuh yang lain, makhluk gaib ini di yakini sangat berbahaya. Menurut penduduk asal Kalimantan, makhluk legendaris ini konon kerap terlihat di rumah sakit bersalin atau kandang ayam.

Jaring
Hantu Legenda Asal Kalimantan ini merupakan sosok hantu yang dipercaya berasal dari hutan-hutan pedalaman di Kalimantan. Hantu ini juga menjadi legenda yang di ceritakan secara turun-temurun. Konon hantu ini sangat menyukai anak-anak.

Rabing
Hantu yang satu ini di percaya merupakan penghuni suang-sungai angker di Kalimantan. Konon makhluk yang juga menjadi legenda ini sangat mengerikan, tidak hanya mengganggu tapi makhluk ini juga sering menenggelamkan manusia. Beberapa kisah menyebut jika makhluk gaib ini berwujud seperti tikar yang mengapung di atas sungai, namun jika ada yang mendekatinya maka makhluk ini akan menggulung dan menenggelamkan orang tersebut.

Kambe
Hantu Legenda Asal Kalimantan dengan lambang iblis sering di gambarkan sebagai makhluk gaib berkepala kambing dan berbadan manusia. Nah, seperti itulah perwujudan yang dipercaya oleh banyak kalangan terhadap hantu legendaris yang satu ini. Konon hantu ini memiliki perwujudan rambut panjang, bentuk kepala dan wajah seperti kambing dan berbadan manusia.

Balai Seribu
Hutan hujan tropis menjadi salah satu pesona alam yang dimiliki pulau Kalimantan. Namun ada satu kisah legenda yang mengerikan tentang kawasan hutan tropis di Kalimantan. Sosok hantu mengerikan yang dikenal dengan nama Balai Seribu di percaya menjadi penguasa hutan-hutan tropis. Konon makhluk ini bisa membunuh manusia, bahkan penggambaran tentang hantu ini pun menjadi misteri karena dipercaya tidak ada satu orang yang berhasil selamat jika bertemu hantu ini.

Bute
Hantu ini juga menjadi salah satu legenda yang cukup mengerikan asal tanah Borneo. Konon hantu ini berwujud seekor sapi tapi dengan ukuran yang dua kali lebih besar. Hantu ini dipercaya kerap mengganggu manusia bahkan biasa terdapat di sekitar pemukiman warga. (segiempat.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.