Ini 7 Sinyal Tubuh Penanda Penyakit yang Sering Diabaikan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 7 Sinyal Tubuh Penanda Penyakit yang Sering Diabaikan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua orang pasti ingin sehat, tidak ada satu orang pun yang ingin sakit. Oleh karena itu, seseorang harus benar-benar menjaga kesehatannya. Seperti berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, tidak stres dan lain sebagainya.

Namun yang sering orang sepelekan yaitu sinyal atau tanda-tanda seseorang akan sakit. Para ahli mengungkap sinyal- yang berpotensi menunjukkan penyakit berbahaya. Apa saja?.

Berikut penjelsannya:

Urine
Ada baiknya selalu mengecek warna urine, karena dapat menunjukkan kondisi kesehatan Anda. Pada pagi hari, bila urine berwarna gelap atau cokelat tua, diindikasikan ada organ vital dalam tubuh (ginjal atau hati) yang tidak bekerja dengan baik. Segera cek ke dokter.

Berat Badan
Bagi Anda yang memiliki tubuh berbentuk seperti buah apel dan pir, Anda harus berhati-hati. Mengapa? Karena bila berat bertambah, bagian tubuh di sekitar perut, pinggang, pinggul, dan paha menumpuk lemak lebih cepat. Hal itu dapat menyebabkan masalah untuk jantung Anda.

Mendengkur
Mendengkur merupakan suara yang dihasilkan akibat adanya gangguan pada saluran udara yang melewati hidung dan mulut bagian belakang. Meski kedengarannya sepele, dengkuran bukanlah sesuatu yang harus diabaikan begitu saja. Mendengkur berkaitan dengan gangguan tidur yang dapat meningkatkan risiko hipertensi pulmonal dan gagal jantung.

Periode Menstruasi
Tidak teraturnya periode menstruasi menjadi masalah umum yang dialami oleh wanita modern sekarang ini. Ini bisa disebabkan oleh kelelahan, stres, masalah berat badan, gangguan hormon tiroid, dan lain-lain. Bila tanda ini muncul, sudah saatnya beristirahat sejenak dari rutinitas Anda, mulai mengonsumsi makanan sehat, serta olaraga teratur.

Tinggi Badan
Bukan tidak mungkin bila tinggi badan Anda lama kelamaan akan berkurang. Jangan diabaikan, ini berarti bahwa tulang Anda mengalami osteoporosis. Ya, osteoporosis bukan hanya dialami pada mereka yang lanjut usia, Anda dapat mengalaminya bila kekurangan kalsium alami dan vitamin D. Segera periksa ke dokter!

Lelah Berkepanjangan
Ada dua alasan mengapa Anda selalu merasa kelelahan. Pertama, disebabkan oleh asupan makanan yang kurang. Salah satunya karena Anda menjalani diet. Kedua, mungkin Anda memiliki gangguan kelenjar tiroid atau perlawanan tubuh pada racun dari luar, seperti alkohol, rokok, dan lainnya. Nah, mulailah konsumsi makan makanan yang sehat, perbanyak minum air putih, dan istirahat secukupnya.

Jerawat
Banyak masalah kulit yang dialami ketika Anda sedang tidak dalam keadaan sehat, misalnya jerawat, ruam-ruam, dan sebagainya. Masalah kulit juga bisa diakibatkan dari alergi makanan, serta kekebalan tubuh yang menurun. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.