oleh

Turunkan Kadar Kolesterol Jahat dengan 5 Makanan Enak Ini

PortalMadura.Com – Kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Oleh karena itu, agar tidak berlebihan di dalam tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya, Sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak yang bisa menyebabkan kolesterol.

Namun, jika Anda sudah terlanjur mempunyai kadar kolesterol tinggi sebaiknya Anda mengonsumsi beberapa makanan yang masih tergolong enak. Apa saja?.

Ini dia daftarnya:

Red wine
Jika dikonsumsi tidak berlebihan, alkohol diketahui dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol “baik”. Tidak heran jika banyak peneliti yang menganjurkan untuk meminum segelas red wine atau anggur merah setiap hari.

Ini karena khasiatnya yang dapat meningkatkan HDL dan juga menurunkan kolesterol jahat “LDL”. Anggur merah juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol dan berfungsi membantu menjaga pembuluh darah agar tetap sehat dan kuat.

Salmon
Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan lemak sehat dan dapat mengurangi tekanan darah. Mengonsumsi salmon secara rutin juga dapat meningkatkan kolesterol HDl “baik”, tetapi tidak akan menurunukan kolesterol LDL “jahat”.

Kendati demikian, HDL kolesterol inilah yang akan membantu membersihkan kolesterol jahat dari dinding arteri Anda, sehingga mencegah terbentuknya plak berbahaya. The American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan berlemak seperti salmon, setidaknya dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung.

Oatmeal
Oatmeal merupakan salah satu makanan penangkal kolesterol terbaik karena mengandung beta-glucans, serat larut, dan nutrisi esensial lainnya. Menurut para ahli, serat larut ini sangat ampuh dalam menurunkan kadar LDL dengan cara membentuk lapisan di sekitar usus kecil untuk menghalangi kolesterol memasuki aliran darah Anda.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan buah-buahan segar ke dalam otameal. Selain sehat, buah juga bisa menjadi pemanis alami dan juga meningkatkan kandungan seratnya.

Apel
Banyak buah mengandung serat larut yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya adalah apel. Bagian kulitnya diklaim mengandung pektin, sejenis serat larut yang dapat melekat pada kolesterol “jahat” dan dapat mengeluarkan mereka melalui sistem pencernaan tubuh Anda.
Selain apel, buah jeruk juga kaya akan pektin yang terdapat pada bulir-bulirnya. Namun dibandingkan jeruk, apel menjadi satu-satunya buah yang paling mudah dikonsumsi serta mengandung polifenol dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Kimchi
Bagi para pencinta kuliner Korea tentu sudah familiar dengan makanan yang satu ini. Kimchi merupakan salah satu kuliner tradisional asal Negeri Ginseng Korea Selatan yang terbuat dari kubis, lobak, atau mentimun yang sudah difermentasikan. Makanan ini kaya akan serat dan mengandung banyak bakteri baik yang dapat menjaga usus Anda agar tetap sehat. Selain itu, Kimchi juga mengandung senyawa bioaktif yang dapat menurunkan kolesterol. Namun mengingat kadar sodiumnya yang cukup tinggi, sebaiknya Anda menghitung porsi yang tepat sebelum menyantap makanan tersebut. (okezone.com/Desy)


Komentar