oleh

Ini 8 Bagian Busi Kendaraan Bermotor

PortalMadura.Com – Busi merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Fungsinya yaitu mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Pengendara perlu memahami beberapa bagian busi dan cara kerjanya. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Federal Oil. Ini penjelasannya:

Terminal

Terbuat dari besi, komponen ini terletak di bagian pucuk busi dengan ignition. Terhubung dengan kabel yang bertegangan tinggi, terminal akan mengalirkan listrik dari koil.

Insulator

Saat ini hampir semua busi yang ada dipasaran memakai material keramik sebagai bahan dari insulator. Fungsi dari insulator ialah memindahkan panas menuju kepala silinder.

Bagian ini terbuat dari keramik dan berfungsi membuat batang terminal serta elektroda tengah terisolasi. Hal ini membuat arus tinggi dari elektroda tidak akan keluar.

Ribs

Mencegah arus listrik merambat keluar, bentuk Ribs menggelombang atau memiliki lekuk yang bisa membuat jarak dari elektroda inti dan ground semakin jauh. Jika jarak semakin jauh maka hambatan inti besi dan ground akan makin besar.

Insulator Tip

Bagian ini akan mengalami pembakaran pada ruang bakar sehingga material yang digunakan mampu menahan temperatur tinggi.

Berada di ujung insulator, komponen pada busi ini mampu menahan panas hingga 650 derajat dan tegangan 60.000 volt.

Gasket

Bagian ini berfungsi sebagai penutup agar tidak terjadi kompresi di ruang bakar.

Metal Case

Selain berfungsi sebagai penghantar daya panas, material case juga bisa mengunci busi ke silinder head.

Inti Elektroda

Sebagai inti elektroda, bagian ini berfungsi menyalurkan energi listrik karena terhubung ke terminal. Bahan yang digunakan pada inti elektroda ialah tembaga, besi, nikel. Namun, tembaga adalah bahan yang paling banyak digunakan.

Ground

Bagian ini terletak di ujung busi motor yang langsung bersentuhan dengan body atau ground motor. Arus listrik akan berpindah ke inti elektroda berkat bagian ini. Selain itu, api koil juga berakhir di bagian ini.

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Liputan6.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar