Ini 8 Perubahan pada Kulit Saat Berhenti Gunakan Makeup

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 8 Perubahan pada Kulit Saat Berhenti Gunakan Makeup
Kondisi kulit wajah saat berhenti gunakan makeup

PortalMadura.Com – Wanita identik dengan makeup, dalam aktivitas sehari-hari biasanya mereka menggunakannya. Sehingga makeup menjadi hal penting untuk wanita. Mengapa demikian? Karena makeup bisa menutupi kekurangan yang ada pada bagian tertentu wajah.

Begitu juga sebaliknya, makeup bisa menonjolkan bagian-bagian wajah yang menawan sehingga semakin terlihat sempurna. Namun yang perlu Anda ketahui, terlalu banyak menggunakan makeup tidak baik untuk kesehatan kulit. Lantas apa yang harus dilakukan?

Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini yang akan terjadi pada kulit ketik berhenti menggunakan makeup:

Pori-pori Akan Terlihat Lebih Kecil
Foundation, blush on, dan bronzer mungkin memang dapat membuat kulit wajah terlihat lebih baik, namun partikel-partikelnya dapat menumpuk di pori-pori. Seiring waktu, pori-pori akan tersumbat dan membesar dari waktu ke waktu.

Berhenti memakai makeup dapat membantu mengubah ukuran pori-pori, karena meminimalisir penumpukan di dalam pori-pori tersebut. Kulit akan terlihat lebih halus dengan ukuran pori-pori yang terlihat lebih kecil.

Meminimalisir Munculnya Jerawat
Seperti yang telah disebutkan di atas, pori-pori tidak hanya akan tersumbat, namun juga bisa menyebabkan peradangan dan munculnya lebih banyak jerawat. Makeup merupakan akar penyebab jerawat pada lebih dari 30% perempuan.

Meminimalisir Risiko Terjadinya Infeksi Mata
Tahukah bahwa sebagian besar makeup mata mengandung bahan pengawet yang dapat menyebabkan konjugtivitis atau mata merah, alergi, bengkak, kekeringan, dan gatal? Eyeliner dan maskara dapat menyebabkan kerusakan yang cukup serius.

Salah satu masalah serius karena makeup mata yaitu kerusakan kornea. Ngeri, bukan?

Kulit Tidak Lagi Kering
Makeup dapat mengacaukan proses pembaharuan sel alami, terutama jika tidak rajin membersihkan kulit wajah di malam hari. Salah satu masalah yang akan muncul ketika tidak rajin membersihkan kulit di malam hari yaitu sel kulit mati menumpuk, menyebabkan kulit kusam, dan kering.

Meminimalisir Reaksi Alergi
Paraben, sulfat, dan logam merupakan kandungan yang biasa ditemukan dalam produk makeup dan skincare. Sayangnya, semua kandungan tersebut juga diketahui dapat menyebabkan alergi kulit.

Alergi yang paling sering muncul yaitu dermatitis kontak, berbentuk bercak merah dan kering pada kulit. Pernah mengalaminya?

Mengurangi kerutan
Seiring waktu, makeup cenderung menjadi garis halus dan kerutan, menyoroti tanda-tanda penuaan yang selama ini coba disembunyikan.

Lebih Banyak Kerusakan Akibat Paparan Sinar Matahari
SPF di dalam makeup dapat menjadi sumber perlindungan matahari. Berpergian tanpa makeup dapat meningkatkan risiko kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Meningkatkan Risiko Terkena Kanker
Ada kemungkinan makeup benar-benar dapat menyebabkan kanker. Bahan kimai tertentu di dalam produk makeup dapat mengganggu sistem hormonal, terutama jika produk tersebut digunakan setiap hari. (fimela.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.