oleh

Ini Alasan Bahayanya Matikan AC Mobil Ketika Hujan

PortalMadura.Com – Menjaga keamanan jarak pandang saat berkendara merupakan hal penting yang harus dilakukan supaya bisa terhindar dari kecelakaan di jalan. Terutama di musim hujan seperti sekarang ini, kaca mobil rentan berembun sehingga pengemudi harus segera mencari cara untuk bisa mengatasi hal tersebut, melansir dari Liputan6.com, Rabu (19/2/2020).

Meskipun begitu, tidak sedikit dari pengemudi yang masih belum paham tentang bagaimana cara menghilangkan embun pada kaca di saat hujan turun. Biasanya, embun yang menutup kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu antara udara di dalam kabin dan luar. Suhu di luar kabin saat hujan akan lebih dingin dibandingkan dalam kabin, sehingga embun pada kaca muncul.

Maka dari itu, salah satu langkah mudah yang perlu pengemudi lakukan adalah menyingkirkan embun pada kaca mobil dengan menyalakan AC atau pendingin ruangan. Pasalnya, mematikan AC lalu membuka kaca mobil bukan solusi yang tepat, karena perbedaan suhu antara kedua ruangan membuat embun sulit hilang, seperti dikutip Liputan6.com dari Suzuki Indonesia.

Baca Juga: Efek Buruk Kabut Asap Pada AC Mobil

Nah, supaya embun bisa segera menghilang, suhu AC tidak perlu terlalu dingin, tapi pastikan suhunya lebih dingin dari suhu di luar. Karena itu, menjaga kualitas pendingin ruangan pada mobil wajib dilakukan agar keamanan dan kenyamanan saat berkendara selalu terjaga.

Selain itu, penting untuk selalu memerhatikan kondisi tubuh pengemudi. Sebab, lelah dan kurangnya konsentrasi saat mengemudi juga bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan.

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar