Ini Alasan Kenapa Handuk untuk Tubuh dan Wajah Perlu Dibedakan

Avatar of PortalMadura.com
Ini Alasan Kenapa Handuk untuk Tubuh dan Wajah Perlu Dibedakan
Ilustrasi (Sociolla)

PortalMadura.Com – Sebagian kaum hawa mungkin sudah tahu tentang bagaimana cara merawat wajah dengan baik, mulai dari mencuci wajah sampai dengan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Biasanya, saat mengeringkan wajah itu kebanyakan mereka menggunakan .

Tapi, pernahkah Anda mendengar bahwa saat membersihkan muka itu harus menggunakan handuk yang terpisah untuk wajah dan bagian tubuh lainnya?. Nah, agar tidak salah pemakaian, alangkah lebih baiknya simak penjelasan berikut ini:

Pentingnya Memiliki Dua Handuk yang Berbeda untuk Wajah dan Tubuh

Menurut dr. Jyotisterna Mittal, seorang dokter kulit dan venereolog, Anda harus memiliki dua handuk yang digunakan secara terpisah untuk wajah dan bagian tubuh lainnya. Hal ini disebabkan karena kulit wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif dan rentan terhadap kondisi tertentu.

Menggunakan satu handuk yang sama untuk wajah dan tubuh sama dengan Anda membiarkan produk yang dikenakan pada tubuh (seperti deodoran, body lotion, dan produk rambut) berpindah ke wajah Anda. Tidak hanya itu saja, minyak alami yang berasal dari tubuh atau rambut juga secara otomatis dapat ditransfer ke wajah Anda.

Nah, rupanya hal-hal inilah yang nantinya memicu pertumbuhan jerawat pada kulit wajah akibat pori-pori yang tersumbat oleh substansi tersebut. Bahkan, tidak jarang pula kotoran dan minyak tersebut dapat menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan.

Alasan lainnya yaitu tidak menutup kemungkinan adalah adanya bakteri dan jamur yang tersembunyi di bagian area tubuh lainnya, seperti alat kelamin, kaki, dan ketiak, yang juga akan berpindah ke kulit wajah dan membuat “keonaran” di sana.

Selain memiliki dua handuk yang terpisah untuk digunakan pada wajah dan tubuh, memastikan handuk yang Anda gunakan tetap bersih juga tidak kalah pentingnya. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa handuk yang digunakan disimpan di tempat yang membuatnya tetap kering, bukan malah menjadi lembap. Hal ini dikarenakan pertumbuhan bakteri dan jamur akan melambat ketika handuk bekas pakai mulai mengering.

Menurut Kelly A. Reynolds, Ph.D., seorang profesor ilmu kesehatan lingkungan di University of Arizona, handuk yang digunakan setelah mandi dan digantung untuk dikeringkan hanya dapat digunakan hingga maksimal tiga kali. Setelah itu, harus segera menggantinya dengan handuk baru yang bersih. Hal ini untuk mencegah berkembangnya bakteri dan jamur, serta penumpukan sel-sel kulit mati, minyak dan kotoran lainnya yang terkumpul pada handuk bekas pakai.

Nah, kini Anda sudah tahu kan betapa pentingnya memiliki dua handuk yang berbeda untuk digunakan pada wajah dan tubuh?. Jangan lupa pula untuk rajin mengganti handuk maksimal setelah tiga kali pemakaian agar kebersihan kulit tetap terjaga.

Tidak hanya itu saja, sebaiknya keringkan pula wajah dengan lembut sambil ditepuk perlahan menggunakan handuk khusus wajah dan hindari menggosoknya guna meminimalisir terjadinya iritasi kulit. Semoga bermanfaat. (fimela.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.