Ini Alasan Sumenep Jadi Tempat Penyelenggaraan PTQ Nasional 2018

Avatar of PortalMadura.com
Ini Alasan Sumenep Jadi Tempat Penyelenggaraan PTQ Nasional 2018
Kiri, Direktur Utama (Dirut) LPP RRI, Rohanudin (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Direktur Utama (Dirut) LPP RRI, Rohanudin mengatakan, ada beberapa alasan memilih Sumenep, Madura, Jawa Timur, sebagai tempat penyelenggaraan (PTQ) yang ke 49, di antaranya masyarakat Sumenep memiliki keislaman yang sangat kuat dengan ditandai oleh banyaknya pesantren, masjid dan musala.

“Di Sumenep ini terdapat pesantren sebanyak 1.500, masjid sebanyak 1.500, dan musala sebanyak 4.400-an. Ini alasan kami memilih Sumenep sebagai tempat penyelenggaraan PTQ,” kata Rohanudin, Sabtu (26/5/2018).

Selain itu, lelaki kelahiran Sumenep ini menerangkan, masyarakat Sumenep mampu mempersatukan bangsa dengan ditandai berkumpulnya tiga tempat beribadah di Desa Pabian, Kecamatan Kota.

“Di tempat tersebut terdapat tiga tempat ibadah yakni Gereja, Kelenteng dan Masjid. Ini merupakan salah satu bentuk toleransi keagamaan,” tuturnya.

Ia juga berharap, keberadaan PTQ ini juga mampu meningkatkan pengenalan potensi wisata yang ada, baik , alam dan sejarah.

“Kafilah PTQ yang hadir ke Sumenep ini dari berbagai daerah di nusantara. Untuk itu, dengan digelarnya ini diharapkan bisa mengenalkan potensi wisata yang ada kepada kafilah tersebut,” harapnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.