Ini Alasannya Ketika Anda Gampang Tertidur di Malam Hari

Avatar of PortalMadura.com
Cara Cepat Bisa Terlelap Tidur dalam 1 Menit
ilustrasi

PortalMadura.Com – Rasanya seperti di surga setelah seharian menjalankan aktivitas dan bisa mudah tidur di malam hari. Pernakah Anda mempertanyakan penyebabnya, jika Anda termasuk orang yang gampang tidur?

Ada beberapa orang mungkin mengalami situasi semacam ini dalam hidupnya. Mungkin, Anda hanya menganggapnya sebagai tanda tidur yang sempurna, tetapi tidak selalu demikian.

Seperti dilansir merdeka.com dikutip dari Times of India, yang disebut sebagai jumlah waktu yang digunakan seseorang untuk beralih dari sepenuhnya bangun menjadi tidur, tergantung pada beberapa hal, dan alasan yang paling umum adalah seberapa lelahnya Anda.

Anda mungkin akan cepat tertidur, jika Anda merasa sangat lelah. Namun, sebaliknya, jika harimu santai, mungkin butuh waktu agak lama untuk bisa tertidur. Ini adalah alasan lain mengapa Anda akan tertidur nyenyak di hari kerja dan merasa sulit untuk menutup mata di akhir pekan.

Baca Juga: Polisi Tangkap 6 Orang Diduga Ingin Gagalkan Pelantikan Presiden

Tapi, ini tidak selalu terjadi, kadang-kadang mungkin Anda merasa sangat lelah, namun tak kunjung tidur, karena insomnia dan masalah lainnya. Orang yang tertidur dengan cepat biasanya tidak ingat persis apa yang terjadi beberapa menit sebelum mereka tertidur.

Mereka bahkan tidak dapat mengingatnya sama sekali. Ini dikenal sebagai amnesia mesograde. Menurut beberapa peneliti, amnesia mesograde adalah hasil dari kumparan tidur atau semburan aktivitas di hippocampus otak selama transisi dari terjaga ke tidur.

Tertidur seketika juga tidak selalu berarti ada yang salah dengan Anda. Ini bisa jadi karena Anda kurang tidur. Secara umum, dibutuhkan waktu 15-20 menit bagi seseorang untuk bisa tidur nyenyak.

Jika lebih dari ini, Anda mungkin akan mengalami insomnia. Jika sehari-hari Anda tidur selama 6 jam, namun mudah tertidur di malam hari, ini berarti tubuh menginginkan lebih banyak tidur. Tidak hanya di malam hari, jika kebiasaan tidur cepat meluas ke siang hari, maka itu bisa menjadi pertanda sleep apnea dan narkolepsi.

Hal ini juga bisa disebabkan oleh depresi. Yang perlu digaris bawahi adalah jika Anda mudah tertidur, itu tidak selalu berarti Anda memiliki masalah kesehatan. Tapi, jika Anda merasa kurang tidur, cobalah untuk tidur lagi dan lihat apakah ada perubahan.

Jika memiliki masalah lain, seperti sering mengantuk di siang hari atau mendengkur, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.