Ini Amalan yang Perlu Dilakukan Orang Tua Agar Anak Terhindar dari Zina Seumur Hidupnya

Avatar of PortalMadura.com
Ini Amalan yang Perlu Dilakukan Orang Tua Agar Anak Terhindar dari Zina Seumur Hidupnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Di zaman sekarang, pergaulan sudah semakin bebas. Tidak hanya di lingkungan luar saja, di dalam rumah pun seorang anak sudah bisa terkena dampak buruknya pergaulan, misalnya adanya gadget.

Hal yang biasanya dikhawatirkan oleh orang tua yaitu ketika seorang anak sudah mulai mengenal lawan jenisnya. Saat pergaulan sudah tidak bisa dikendalikan, bukan tidak mungkin akan menjerumuskan anak untuk melakukan .

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengenalkan norma dan nilai-nilai agama Islam pada anak agar kehidupannya bisa dikontrol dengan baik. Tidak hanya itu, orang tua juga dianjurkan untuk melakukan tertentu.

Misalnya, menjaga anak secara batin, termasuk doa khusus ketika berhubungan suami istri, hamil, proses persalinan sampai anak bertumbuh kembang hingga dewasa. Sebab, doa selalu dibutuhkan sebagai penguat ruhaniyah.

Dalam hal persalinan, Syaikh Ibrahim Al Bajuri mengatakan bahwa anak yang baru lahir disunahkan untuk dibacakan azan pada telinga bagian kanan dan iqamah pada telinga kiri. Hal penting ini tidak mempedulikan entah anak tersebut dilahirkan dari rahim wanita Muslimah atau tidak, anak tetap sunah diazani.

Azan iqamah ini, menurut Imam Al Bajuri, selain dalam rangka menghindarkan mereka dari gangguan wanita pengikut jin (ummus shibyan) atau qarinah (qarin perempuan) juga menjadi media pengenalan mereka pada tauhid sejak dini.

Jadi suara pertama kali yang dikenalkan kepada anak adalah kalimat tauhid sebagaimana kalimat terakhir yang perlu ditalqinkan kepada orang yang akan meninggal adalah kalimat La ilaha illah.

Selain mengutip hadis Rasul, Syaikh Ibrahim juga mengijazahkan sebuah amalan yang beliau dapat dari Syaikh Ad Dairobiy yang didapatkan dari para masyayikh atau guru-guru beliau, supaya anak yang baru lahir dibacakan surat Al Qadar (Inna Anzalnahu). Anak yang dibacakan ini tidak akan ditakdirkan oleh Allah akan melakukan zina sepanjang hayatnya.

Menurut Syaikh Ad Dairobiy bahwa sunah untuk dibacakan pada telinga anak yaitu surat Inna Anzalnahu. Sebab orang yang melakukan ini, Allah tidak akan menakdirkan dia zina sepanjang hidupnya. Ad-Dairobi berkata, demikianlah yang kami dapat dari para guru kami. (Lihat Ibrahim, Al Bajuri, (Beirut: Darul Kutub Al Ilmiyah), v:2, h: 572).

Jadi, setelah anak baru lahir dari rahim ibunya, selain dibacakan azan pada telinga kanan dan iqamah di telinga kiri juga perlu dibacakan surat al-Qadr pada telinga bagian kanan. Wallahu A'lam. (dream.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.