Ini Bus Berbahan Bakar Hidrogen

Avatar of PortalMadura.Com
Ini Bus Berbahan Bakar Hidrogen
Bus Berbahan Bakar Hidrogen (citymetric.com)

PortalMadura.Com, – Tiongkok telah menyelesaikan serangkaian uji coba prototipe .

Radio Internasional Tiongkok melaporkan, sebuah perusahaan lokal di Chengdu, ibu kota provinsi Sichuan memproduksi sebuah bus yang beroperasi dengan sistem sel bahan bakar hidrogen.

Prototipe bus hidrogen pertama ini memiliki panjang 10,5 meter dan telah melewati berbagai program percobaan.

Dengan tangki yang penuh bus tersebut dapat menempuh sejauh 500-600 kilometer. Selain itu bus tersebut bisa beroperasi dengan listrik jika bahan bakar hidrogennya habis.

Bus yang ramah lingkungan itu diproduksi melalui program pemberdayaan yang didukung oleh 25.000 sponsor peduli lingkungan dengan total dana 6 miliar Yuan atau sekitar USD 950 juta.

Tercatat bahwa bus tersebut tak menyebabkan pencemaran lingkungan.

Pemerintah Beijing berkomitmen untuk terus mengembangkan kendaraan ramah lingkungan yang bertenaga listrik dan hidrogen.

Tiongkok juga telah mengalahkan Amerika Serikat (AS) dalam sektor pasar kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan pada tahun 2015 serta menjadi pasar kendaraan energi bersih terbesar di dunia.

Jumlah kendaraan energi bersih di dalam Tiongkok sekitar 1.600.000 unit, diperkirakan jumlah ini akan mencapai setengah dari jumlah mobil di Tiongkok pada 2030.

Menteri Transportasi Miao Vey mengatakan dalam sebuah pertemuan pada bulan lalu, pemerintah akan mendorong berbagai investasi untuk perusahaan energi dan produsen-produsen kendaraan agar mengembangkan kendaraan masa depan bertenaga energi hidrogen.(AA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.