Ini Cara Aman dan Higienis Simpan Sikat Gigi

Avatar of PortalMadura.com
Ini Cara Aman dan Higienis Simpan Sikat Gigi
Ilustrasi (grid.id)

PortalMadura.Com – Umumnya seseorang terbiasa menyimpan sikat giginya di dalam kamar mandi. Tempat tersebut biasanya di atas watafel, di kotak penyimpanan atau malah dibiarkan begitu saja di bak mandi.

Padahal, kamar mandi yang gabung dengan toilet menyimpan bakteri sehingga bisa mencemari Anda. Bahkan, sikat gigi yang menjadi sarang bakteri bisa berbahaya bagi mulut dan gigi Anda.

Kendati ingin membuat sikat gigi sebersih mungkin, namun sesungguhnya tidak ada tempat yang benar-benar bersih dari bakteri. Pasalnya, udara juga mengandung jutaan mikroorganisme yang dapat berujung pada sejumlah masalah kesehatan.

Satu hal yang pasti dan harus diperhatikan, kamar mandi bukanlah tempat terbaik untuk menjaga kebersihan sikat gigi. Ketika Anda menyimpannya di kamar mandi, terdapat bahaya tersebarnya bakteri toilet ke sikat gigi.

Biasanya bakteri ini dapat tersebut ke udara ketika kita menyiram air di toilet. Bakteri yang ada di dalam penyimpanan air bisa terlontar ke udara ketika Anda membilas ini.

Hal ini bisa membuat sikat gigi yang berada di dalam kamar mandi jadi rawan dengan persebaran bakteri. Walau tidak begitu membahayakan, namun tentu hal ini tidak bisa sepenuhnya dikesampingkan.

Cara terbaik untuk menyimpan sikat gigi adalah pada tempat yang kering. Oleh karena itu, jangan simpan sikat gigi pada tempat yang tertutup pula.

Baca Juga : 5 Cara Simpan Sikat Gigi Agar Terhindar dari Sarang kuman

Tempat yang tertutup cenderung lebih mudah lembap sehingga menjadi lokasi tepat bagi bakteri. Pilih tempat yang kering namun juga jangan yang benar-benar terbuka untuk mengurangi munculnya bakteri dari udara. Salah satu tempat yang bisa dipilih adalah meletakkannya di ruang tidur Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.