Ini Cara Warga Madura Cegah Virus Corona

Avatar of PortalMadura.com
Ini Cara Warga Madura Cegah Virus Corona
Ilustrasi

Bacaan dan Kunut Nazilah

PortalMadura.Com, Sampang – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mengajak warga nahdiyin, khususnya warga muslim agar tetap tenang dan tidak panik dengan .

Ketua PCNU Sampang, KH. Moh. Itqon Bushiri mengungkapkan, untuk mencegah virus corona atau covid-19 dapat melakukan banyak hal.

Salah satunya amalan atau doa. Yakni doa Kunut Nazilah pada salat subuh dan dianjurkan setiap salat Jumat serta membaca selawat Tibbil Qulub. Selain itu, katanya, istikamah membaca surah al-ikhlas, al-falaq, an-Nas hingga memperbanyak doa.

“Jika belum hafal Kunut Nazilah dan selawat Tibbil Qulub, maka warga muslim dapat melantunkan selawat yang lain agar mendapat perlindungan dari Allah,” katanya, Kamis (5/3/2020).

Kasus wabah virus corona bagi orang beriman adalah ujian. Sedangkan untuk orang yang suka meninggalkan salat dan tidak beriman menjadi suatu penderitaan.

“Saya harap masyarakat tetap tenang karena jiwa raga hanya milik Allah. Maka memintalah pertolongan kepadaNya,” ungkapnya.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Agus Mulyadi, juga mengajak masyarakat tidak panik terhadap virus corona.

“Lakukan pola hidup bersih dan hindari kontak langsung dengan kelompok yang rentan terjangkit covid-19,” jelasnya.

Pihaknya mengaku akan membuat surat edaran kepada semua fasilitas pelayanan dasar (Puskesmas) dan rujukan (Rumah sakit), yakni tentang kewaspadaan dan antisipasi untuk menangkal wabah virus corona.

“Sebenarnya, terpenting selalu berusaha untuk menjaga badan kita dalam keadaan sehat, mengonsumsi makanan dengan menu gizi seimbang,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.