Ini Dia 2 Cara Hilangkan Kumis dan Jenggot Selamanya

Avatar of PortalMadura.com
Ini Dia 2 Cara Hilangkan Kumis dan Jenggot Selamanya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian pria, menumbuhkan kumis dan jenggot akan membuatnya lebih maskulin dan berwibawa. Tapi sebagian lainnya menganggap berbeda, justru dengan tumbuhnya rambut-rambut halus di wajah ia merasa tidak nyaman dan terganggu.

Tidak heran, banyak di antara mereka yang kemudian terus membersihkannya setiap kali kumis dan jenggot itu tumbuh. Namun yang menjadi persoalan, bolak-balik menghilangkan bulu halus itu tentu akan merepotkan.

Lantas, bisakah kumis dan jenggot itu dihilangkan secara permanen, sekali seumur hidup?. Apakah mungkin menghilangkan kumis dan jenggot secara permanen?.

Jika Anda ingin mencukur dan merawat rambut wajah Anda, ada cara yang aman dan efektif untuk bercukur tanpa mengurangi atau menyebabkan kulit kering. Dikarenakan jenggot biasanya lebih lebat dibandingkan dengan kumis, maka metode pencabutan dan waxing sangat tidak praktis dan menyakitkan.

Metode shaving dan penggunaan krim depilatori bisa menjadi alternatif jika Anda menginginkan hasil yang cepat dan bersifat sementara. Adapun metode laser dan elektrolisis dianggap mampu secara permanen untuk dapat menghilangkan bulu.

Pertumbuhan rambut di beberapa bagian tubuh bisa dikaitkan merupakan faktor keturunan dan kadar hormon dalam tubuh. Selain itu, beberapa obat, metode pengangkatan rambut sementara, dan penyakit dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kumis dan jenggot tidak mungkin dihilangkan secara permanen karena pria secara alami memiliki hormon testosteron yang mendorong tumbuhnya rambut-rambut halus di permukaan kulit. Meskipun Anda rutin bercukur atau bahkan melakukan waxing, rambut-rambut halus akan tetap tumbuh lagi.

Tips Menghilangkan Kumis dan Jenggot Semi-permanen
Banyak metode yang menjanjikan keampuhan dalam menghilangkan rambut secara permanen. Faktanya, tidak ada metode penghilang rambut yang ampuh 100 persen. Hanya saja, ada beberapa metode yang bisa dikategorikan lebih efektif dibandingkan dengan yang lain. Berikut dua cara yang bisa menjadi pilihan jika Anda berniat menghilangkan kumis dan jenggot:

Elektrolisis
Elektrolisis merupakan metode penghilangan bulu yang dilakukan dengan memasukkan jarum halus ke dalam folikel rambut dan mengalirkan arus listrik ke akar folikel. Prosedur ini akan semacam membakar akar rambut. Sehingga mampu mencegah produksi akar rambut yang lebih banyak.

Dengan kata lain, elektrolisis adalah bentuk permanen dari metode penghilangan rambut. FDA dan American Medical Association menyatakan bahwa elektrolisis merupakan satu-satunya metode permanen untuk menghilangkan rambut. Meskipun begitu, hal ini tidak menjamin 100 persen bahwa cara ini benar-benar mampu menghilangkan semua bulu di tubuh Anda.

Hanya saja sejauh ini, belum ada pedoman perizinan terstandardisasi untuk elektrolisis, sehingga cukup sulit menemukan ahli yang berpengalaman. Jika Anda berminat untuk melakukan elektrolisis, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui lebih detail mengenai manfaat dan kerugian dari elektroslisis.

Selain itu, elektrolisis merupakan metode yang cukup menyakitkan dan efek sampingnya meliputi infeksi, pembentukan keloid, hiperpigmentasi, dan hipopigmentasi. Anda membutuhkan waktu perawatan antara 12 hingga 18 bulan untuk dapat melihat hasil maksimalnya.

Laser Hair Removal
Laser hair removal adalah prosedur medis dengan teknologi sinar laser untuk menghilangkan rambut-rambut yang tidak diinginkan, termasuk kumis dan jenggot. Selama proses ini, sinar laser akan diarahkan untuk masuk ke dalam folikel rambut. Sinar panas yang dihasilkan dari laser mampu menghancurkan folikel rambut yang dapat menghambat pertumbuhan rambut di masa depan.

Warna rambut dan jenis kulit memengaruhi keberhasilan laser hair removal. Prosedur ini paling efektif untuk orang yang memiliki kulit terang dan rambut hitam karena sinar laser menargetkan pigmen warna pada rambut.

Meskipun prosedur ini terbilang efektif untuk memperlambat pertumbuhan rambut, laser tidak menjamin bahwa rambut tidak akan pernah tumbuh lagi. Selain itu, menghilangkan kumis dan jenggot melalui metode ini tidak bisa dilakukan hanya dalam sekali. Butuh sekitar delapan kali perawatan untuk mendapat hasil yang Anda inginkan. Hasilnya juga mungkin berbeda-beda pada tiap orang, tergantung pada ketebalan rambut yang akan dilaser.

Jika Anda tertarik melakukan prosedur ini, pilihlah dokter yang telah mengantongi sertifikat di bidang spesialisasi seperti dermatologi atau bedah kosmetik dan sudah berpengalaman dengan metode ini. Jangan sekali-kali melakukan perawatan di salon atau klinik yang tidak diawasi oleh petugas medis yang ahli di bidangnya. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.