oleh

4 Manfaat Konsumsi Sayur Kol untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Salah satu jenis sayuran yang sangat mudah dicari di Indonesia dan paling dikenal masyarakat, yaitu kol. Tidak hanya rasanya yang enak, sayuran yang satu ini ternyata juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan.

Mulai dari kesehatan pencernaan, hingga dampak kesehatan pada organ vital. Manfaat dari kol ini pun dapat diperoleh dengan cara mengonsumsinya secara langsung dan tidak perlu bahan tambahan lain. Lantas, apa saja manfaatnya?.

Berikut ini uraiannya:

Meningkatkan Trombosit
Sayur kol ini memiliki senyawa yang bernama DIM. Dalam sebuah penelitian, hewan yang disuntik dengan senyawa ini memiliki sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit yang lebih tinggi dari hewan lainnya.

Senyawa ini juga diharapkan dapat menjadi perawat jaringan sehat saat perawatan kanker sehingga bisa memberi waktu hidup lebih lama untuk orang yang mengonsumsinya.

Mencegah Kanker
Di dalam kol atau kubis juga terdapat senyawa sulforaphane yang mampu mencegah sel kanker dengan cara menghambat salah satu enzim yang berpengaruh dalam perkembangan sel kanker. Karena salah satu enzimnya dihancurkan, tentunya kanker dapat sedikit dicegah.

Tidak hanya menghambat suatu enzim, jenis kol merah juga memiliki senyawa anthocyanin yang dapat memperlambat proliferasi sel kanker dan bahkan membunuh sel kanker yang sudah terlanjur tumbuh.

Sistem Pencernaan
Zat yang baik untuk sistem pencernaan adalah probiotik. Zat ini dapat ditemukan di dalam kol atau kubis yang difermentasi. Kol fermentasi ini juga sudah sangat terkenal walau berasal dari Korea, yaitu kimchi. Hal ini disebabkan karena enzim yang tercipta saat proses fermentasi membuat vitamin dan mineral lebih mudah untuk diserap.

Sayuran ini juga kaya akan serat sehingga dapat membuat Anda terhindar dari sembelit. Oleh karena itu, jika pencernaan Anda terjaga, maka makanan pun dapat diolah lebih cepat dan sistem pembuangan pun lancar.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Di dalam sayur yang memiliki banyak jenis ini juga terdapat polifenol yang tinggi. Polifenol ini berguna untuk menenangkan penyakit jantung dengan cara mencegah penumpukan platelet dan menenangkan tekanan darah. (okezone.com/Salimah)

Komentar