oleh

Ini Dia 3 Manfaat dan Racikan Masker Yogurt Bagi Kulit

PortalMadura.Com – Tidak hanya kopi atau putih telur yang bisa dijadikan masker, tenyata yogurt pun juga bisa jadi andalan. Tahukah Anda, camilan sehat ini bisa bikin kulit semakin sehat dan bersinar.

Selain itu, masih banyak manfaat lain yang akan didapat jika Anda menggunakan yogurt sebagai masker. Memangnya, apa manfaatnya?. Apa saja pilihan yogurt paling baik untuk masker wajah?. Yuk, cari jawabannya berikut ini:

Manfaat Masker Yogurt untuk Kesehatan Kulit
Yogurt adalah makanan populer yang sangat baik untuk bakteri di perut. Selain itu, makanan ini juga mengandung mineral penting, seperti kalsium dan zink yang baik untuk tulang, gigi, dan sistem kekebalan tubuh. Tidak ketinggalan manfaat lain dari yogurt ketika Anda mengoleskan makanan ini sebagai masker wajah, seperti:

Membantu Melawan Jerawat
Siapa yang tidak sebal jika wajah ditumbuhi jerawat?. Ya, masalah pada kulit ini memang selalu jadi keluhan banyak orang. Munculnya jerawat biasanya disebabkan oleh minyak berlebihan dan kondisi wajah yang kotor. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat yang mengganggu ini, memakai masker yogurt bisa jadi solusinya.

Yogurt mengandung zink yang dikenal dapat meredakan dan mempercepat penyembuhan kulit berjerawat. Selain itu, sifat antibakteri dari yogurt juga dapat menjaga kulit dari infeksi bakteri penyebab jerawat.

Mencegah Penuaan
Yogurt mengandung asam laktat dan asam alfa hidroksida yang membantu menghaluskan kulit kasar dan kering. Tidak hanya itu, kandungan yogurt tersebut juga berpotensi mencegah terbentuknya garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan. Asam tersebut membantu melarutkan kulit mati yang menumpuk pori-pori sehingga membuat kulit tampak lebih segar dan tidak kusam.

Baca Juga : Yogurt Lebih Kaya Akan Nutrisinya Daripada Susu

Menjaga Warna Kulit
Anda pasti ingin memiliki kulit cerah, bukan?. Sayangnya, paparan sinar matahari dan lingkungan yang tidak cocok dapat menciptakan noda di wajah yang merusak penampilan. Nah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah rutin menggunakan masker yogurt. Yogurt memiliki efek pemutih ringan pada kulit yang bisa Anda dapatkan jika digunakan secara rutin.

Racikan Masker Yogurt Terbaik untuk Kulit
Yogurt dapat Anda jadikan sebagai perawatan alami untuk kulit. Selain harganya terjangkau, yogurt juga bebas bahan kimia. Namun, memilih yogurt untuk masker wajah tidak boleh sembarangan. Hindari yogurt yang mengandung gula dan beraroma. Supaya tidak bingung, Anda bisa mencoba beberapa pilihan masker yogurt berikut ini.

1. Yogurt dan Madu
Masker dari campuran bahan ini dapat melembutkan, membersihkan kulit dari kotoran, dan menenangkan kulit. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu: Masukkan 2 1/2 sendok makan madu tanpa rasa dalam wadah. Tambahkan 1 cangkir plain yogurt. Aduk hingga rata dan oleskan secara merata ke wajah dan leher. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih

Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Jika kulit Anda cenderung berminyak, tambahkan 1 sendok teh jus lemon untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

2. Greek Yogurt dan Minyak Esensial
Greek yogurt memiliki tekstur yang lebih padat dibanding yogurt lainnya. Kombinasi antara yogurt dengan minyak esensial dapat melembapkan, mencerahkan, dan memberikan ketenangan pada kulit. Cara membuat masker yogurt ini cukup mudah, seperti:

Baca Juga : Ini 3 Kebaikan Yogurt Bagi Kecantikan Kulit Wajah

Memasukkan 1 cangkir greek yogurt dalam wadah. Tambahkan 1 sendok makan madu. Tambahkan 2 atau 3 tetes minyak zaitun atau minyak almond. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 20 hingga 30 menit dan bilas hingga bersih.

3. Yogurt dan Stroberi
Tidak hanya yogurt, Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti stroberi. Ya, buah ini kaya dengan vitamin C dan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang memicu penuaan. Cara membuat masker ini sangat mudah, yaitu:

Tempatkan 1 cangkir plain yogurt dalam wadah. Masukan 1 1/2 sendok makan madu. Tambahkan 1 cangkir stroberi yang sudah dihaluskan. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah secara merata. Diamkan sekitar 8 menit dan bilas hingga bersih.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : hellosehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar