oleh

5 Bahan Alami untuk Perawatan Kecantikan Ala Istri Rasulullah

PortalMadura.Com – Dalam Islam, seorang muslimah juga perlu mempercantik diri karena sejatinya perempuan adalah indah. Oleh karena itu, merawat diri harus dilakukan agar terlihat menarik terutama di depan suami.

Seperti yang dilakukan istri Rasulullah SAW, yang merawat diri karena ingin tampil cantik di depan Nabi Muhammad SAW. Beliau merawat diri dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak menyalahi syariat Islam.

Lantas bahan-bahan alami apa saja yang biasa digunakan istri Rasulullah untuk tampil cantik? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Minyak zaitun untuk Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh

Minyak zaitun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecantikan alami. Antioksidan dalam minyak zaitun merupakan bahan alami yang bagus untuk mencegah oksidasi.

Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, dan masuk dalam kategori bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin E sangat bagus untuk merawat kulit, termasuk untuk pengobatan psoriasis dan eksim.

Minyak Dzarirah untuk Mengobati Jerawat di Wajah

Minyak dzarirah merupakan minyak yang ampuh menyembuhkan jerawat. Hal ini juga dianjurkan oleh Rasulullah sendiri saat melihat adanya jerawat pada istrinya.

Rasulullah pernah bertanya: “Engkau punya minyak wangi dzarirah?” Mereka menjawab punya. Rasulullah lalu membalas lagi: “Bubuhkan di jerawatmu itu seraya membaca doa: ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini”.
(HR. Al Hakim).

Dalam minyak dzarirah terdapat kandungan etanol yang dapat melakukan proses purging dan mengurangi rasa sakit akibat peradangan di kulit. Tentunya ini dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh jerawat.

Celak untuk Mempercantik Mata

Bubuk gelap halus yang dioleskan ke bagian dalam kelopak mata disebut dengan celak atau kohl. Menggunakan celak merupakan sunah yang ditujukan baik untuk laki-laki atau perempuan sebagai perhiasan biasa dan untuk tujuan terapeutik.

Rasulullah pun pernah bersabda: “Gunakan antimon (kohl), karena itu membersihkan penglihatan dan membuat rambut tumbuh.” (HR. Tirmidzi)

Madu untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Ada banyak alasan mengapa madu disarankan untuk merawat kecantikan. Madu memiliki sifat anti bakteri dan dapat membantu mengurangi bekas jerawat.

Anda bisa memanfaatkan madu untuk mengobati kulit merah dan meradang. Anda juga bisa menggunakan madu sebagai masker yang dicampur dengan jus lemon dan yogurt untuk mencerahkan kulit.

Susu untuk Perawatan Rambut

Perawatan alami yang terakhir adalah susu. Jika Anda ingin mendapatkan rambut yang bersinar, halus, dan tebal, maka susu disebut sebagai bahan alami yang bagus untuk merawat rambut.

Untuk mengaplikasikannya, Anda cukup mencampurkan susu dengan madu dan gunakan sebagai masker rambut untuk membuatnya sehalus sutra. Gunakan secara rutin, seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nah, itulah beberapa rahasia perawatan alami ala istri Rasulullah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Okezone.com

Komentar