Ini Dia Resep Lupis Beras Ketan Super Lembut dan Manis

Avatar of PortalMadura.com
Ini Dia Resep Lupis Beras Ketan Super Lembut dan Manis
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu makanan tradisional yang saat ini sudah mulai jarang ditemukan, yaitu lupis. Makanan ini memiliki tekstur kenyal karena kebanyakan orang membuatnya dari beras ketan. Selain kenyal, lupis juga punya rasa lembut dan manis yang tentu bisa membuat penikmatnya ketagihan.

Nah bagi Anda pecinta lupis, jika tidak menemukan jajanan ini di pasar tradisional, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya pun sangat mudah, Anda penasaran?.

Berikut lupis beras ketan super lembut:

Bahan-bahan:

500 gram beras ketan
150 gram gula merah
1 sdt tepung kanji
1/2 butir kelapa parut
100 ml air kapur sirih
1 sdt garam
500 ml air untuk merendam ketan

Cara Membuat:

Cuci beras ketan, lalu rendam satu hari setelah itu tiriskan. Kemudian, campur beras ketan dengan air kapur sirih dan garam. Selanjutnya, aduk-aduk sampai rata dan bungkus dengan daun.

Setelah itu, panaskan air sampai mendidih. Lalu, rebus kue lupis sampai masak kira-kira satu jam. Buat saus lupis dengan mengiris gula merah dan tambahkan tepung kanji serta 100 ml air putih. Terakhir, rebus dengan api sedang sampai mendidih dan matikan api. Hidangkan lupis dengan saus gula merah dan kelapa. Lupis beras ketan siap dinikmati. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.