Ini Manfaat dan Efek Samping Buah Plum

Avatar of PortalMadura.com
Ini Manfaat dan Efek Samping Buah Plum
Ilustrasi

PortalMadura.Com plum adalah salah satu buah impor yang banyak dibudidayakan di Tiongkok. Di Indonesia sendiri buah ini sudah diperdagangkan. Akan tetapi masih belum tersebar luas, mungkin karena harganya yang tergolong tinggi.

Kandungan gizi sangat baik untuk tubuh. Buah plum mengandung banyak sekali vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B1, B2, B3 dan B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, buah plum juda tinggi kandungan kalium, kalsium magnesium, asam folat, asam karbonat, zat besi, dan mineral.

Selain rasanya yang manis, buah Plum ternyata punya banyak manfaat dan efek samping. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (10/1/2020) dari laman halosehat.com yang dikutip berbagai sumber. Berikut manfaat dan efek samping:

Manfaat Buah Plum
1. Sistem Pencernaan Lancar
Seperti yang saat ini sering diiklankan di media sosial, buah plum berperan penting dalam membersihkan usus yang kotor. Usus yang kotor dikaitkan dengan sistem pencernaan yang kurang lancar.
Konsumsi buah plum dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Zat yang berperan dalam fungsi ini yaitu zat sorbitol. Sistem pencernaan yang lancar akan menghindarkan Anda dari risiko diare ataupun sembelit.

2. Metabolisme Tubuh Meningkat
Konsumsi buah plum juga dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Antioksidan dalam buah plum berfungsi untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Kondisi ini akan semakin menguntungkan untuk proses metabolis tubuh. Ketika sistem metabolisme bekerja dengan baik, maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Selain buah plum, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi lainnya.

3. Jantung Semakin Sehat
Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan, seseorang yang terkena penyakit jantung bukanlah mereka yang berusia lanjut. Banyak dari mereka justru masih berusia muda. Jantung merupakan organ vital bagi tubuh. Ketika kinerja jantung sudah bermasalah maka sangat besar kemungkinannya organ lain juga dapat terganggu.

Buah plum bersifat anti-inflamasi yang sangat berperan positif untuk mengatasi berbagai permasalahan jantung, diabetes dan kolesterol. Selain itu, buah plum juga mengandung vitamin K yang dapat mencegah serangan jantung mendadak.

4. Mencegah Penyakit Kanker
Pola hidup yang tidak sehat merupakan salah satu hal pemicu kanker. Kanker termasuk ke dalam kelompok penyakit yang mematikan seperti halnya penyakit jantung.

Konsumsi makanan yang tinggi antioksidan menjadi salah satu alternatif untuk mencegah penyakit kanker. Salah satunya yaitu buah plum. Antioksidan dalam buah plum ini mampu menghindarkan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker.

5. Mencegah Penyakit Anemia
Tahukah Anda warna buah plum? Warna buah plum yaitu warna merah. Sesuai dengan warnanya, buah plum ini dapat berperan untuk mengatasi kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah. Buah plum mengandung zat besi yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka gejala yang biasanya muncul antara lain mudah lelah, pusing, hingga mual.

Baca Juga: 1.612 Wisatawan Mancanegara Kunjungi Sumenep Selama 2019

6. Cocok untuk Diet
Percayakah Anda bahwa buah plum ini dapat menjaga keidealan tubuh? Buah plum mengandung 46 kalori dalam setiap 100 gramnya. Hal ini berarti buah plum tergolong rendah kalori. Selain itu, buah plum tidak mengandung lemak jenuh. Inilah yang dibutuhkan bagi mereka yang ingin melakukan diet untuk menjaga keidealan berat badan.
Selain itu, kandungan serat dalam buah plum dapat membuat rasa kenyang bertahan lama. Lambung pun akan mencegah makanan berlebihan masuk dan berat badan naik secara berlebih.

Efek Samping Buah Plum
Selain manfaat yang diperoleh dari buah plum, ada juga beberapa efek samping tidak baik yang dapat timbul. Beberapa efek samping negatif tersebut antara lain:

1. Penyakit Batu Saluran Kemih
Asam oksalat dalam buah plum berpotensi untuk mengkristal. Batu oksalat yang terbentuk dapat mengganggu saluran kemih. Dan akhirnya dapat terjadi infeksi saluran kemih. Risiko ini akan lebih parah terjadi pada orang yang mempunyai permasalahan penyakit batu saluran kemih. Orang yang terindikasi atau sudah pernah mempunyai riwayat penyakit saluran kemih sebaiknya membatasi konsumsi buah plum.

2. Gangguan Pencernaan
Konsumsi buah plum seyogyanya dapat memperlancar sistem pencernaan sehingga terhindar dari segala macam gangguan pencernaan. Akan tetapi dapat juga terjadi gangguan pencernaan akibat konsumsi buah plum.

Hal ini terjadi jika konsumsi buah plum dilakukan secara berlebihan. Serat yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh justru dapat menimbulkan penyakit sembelit. Selain itu, kandungan sorbitol dapat menjadi penyebab perut kembung.

3. Memicu Reaksi Alergi
Reaksi alergi dapat muncul pada orang yang peka terhadap sulfit. Kandungan sulfit akan tinggi pada buah plum yang dikeringkan. Oleh karena itu, orang yang sensitif terhadap sulfit sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah plum terutama buah plum kering.

Itulah beberapa manfaat dan efek samping dari buah plum. Hidup sehat berawal dari pola hidup sehat dan makan makanan bergizi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.